GAMBARAN MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK PADA KELUARGA PETANI DIJORONG DAMAGADANG TANJUNG SANI KABUPATEN AGAM

Rheny Guchi ERNIATI, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berhasilnya pendidikan anak pada keluarga petani yang diduga berhubungan dengan motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak pada keluarga petani secara intrinsik dan ekstrinsik di Jorong Dama Gadang Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga masyarakat yang bekerja sebagai petani yang ada di Jorong Dama Gadang Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam sebanyak 130 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan teknik analisis yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya secara intrinsik menunjukan angka tertinggi dan motivasi ekstrinsik juga tinggi.

 

 

 


Keywords


Gambaran; Motivasi; Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Dimyati, dkk. (1999). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko. (1986). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Koentjaraningrat. (1996). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta

Margono. (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta.

Mawardi. (2001). Gaya Bahasa Kiasan Novel Rinai Kabut Singgalang Karya Muhammad Subhan dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra. Skripsi. FBSS UNP. Padang

M.Z.Lawang .(2012).nilai-menurut-para-ahli.http://www.bangmu2.Com/

/ 12/nilai- menurut-para

ahli.html. (diakses 28 juni

Purwanto, M. Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Retno. (2002). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smpn 9 Payakumbuh Dengan Menggunakan Metode Objek Langsung Dan Media Gambar. Skripsi. FBSS UNP. Padang

Sarwono. (1993). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :

Depdikbud. (www. Google. com diakses pada tanggal 20 januari 2013)

Waldito, Putra. (1997): Deskripsi Kemampuan Berfikir Siswa Kelas VIII Smpn 7

Bukittinggi Dengan Menggunakan Metode Objek Langsung Dan Media Gambar. FBSS. UNP. Padang

Winkel, Ws. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats