Peran Agen Perubahan Sebagai Pelaku Pembangunan dalam Pengembangan Kelompok Sosial di Wisata Desa Sidoluhur

Authors

  • Irawan Syarifuddin Daher Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24842

Keywords:

Desa wisata, agen perubahan, pembangunan kelompok sosial

Abstract

Potensi daerah dianggap tidak memiliki nilai ekonomis oleh masyarakat. Upaya penyadaran tentang manfaat potensi daerah sebagai objek wisata oleh agen paerubahan menghadirkan rekasi masyarakat berupa dukungan dan resistensi. Peran agen perubahan sebagai matarantai komunikasi antara dua atau lebih sistem sosial. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Hasil yang ditemukan yaitu bahwa strategi awal dalam merintis desa wisata Sidoluhur menggunakan pendekatan ekonomi. Strategi ekonomi diterapkan dengan tujuan agar kelompok dapat secara mandiri membiaya seluruh kegiatan operasionalnya dari hasil usaha yang dilakukan oleh kelompok. Tujuan akhir agen perubahan adalah menciptakan agen perubahan baru.

References

Everett M. Rogers. 1983. Diffusion of Innovations Third Edition. London: The Free Press

Pedoman Pokdarwis. Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2012

Downloads

Published

2020-03-02

How to Cite

[1]
Daher, I.S. 2020. Peran Agen Perubahan Sebagai Pelaku Pembangunan dalam Pengembangan Kelompok Sosial di Wisata Desa Sidoluhur. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 3, 1 (Mar. 2020), 8–13. DOI:https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24842.

Issue

Section

Articles