POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK KELUARGA PEMULUNG DI DESA WINONG, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BANJARNEGARA (STUDI KASUS KELUARGA PEMULUNG)

Tutik Hidayati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1) Pola asuh orang tua keluarga pemulung dalam menanamkan nilai moral pada anak. 2) Faktor penghambat dan faktor pendorong orang tua keluarga pemulung dalam menanamkan nilai moral pada anak khususnya keluarga pemulung di Desa Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi 5 keluarga pemulung yang mempunyai anak umur 0 - 18 tahun di Desa Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari 5 (lima) keluarga pemulung di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, 3 (tiga) keluarga pemulung mengarah pada pola asuh permisif. Sedangkan 2 (dua) keluarga diantaranya menggunakan pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis ditandai dengan adanya sikap terbuka antara orang tua dengan anaknya, menghargai setiap pendapat anak, memusyawarahkan dengan anak untuk keputusan yang baik. Sedangkan pola asuh permisif ditandai dengan orang tua memberikan kebebasan secara mutlak kepada anak dalam bertindak tanpa ada arahan, orang tua terkesan membiarkan anak tanpa pengawasan untuk anak. 2) Faktor Penghambat : a).  Pengalaman pola asuh orang tua b). Lingkungan tempat tinggal c). Sikap orang tua yang belum sesuai nilai moral. Sedangkan Faktor Pendorong : a) Adanya TPQ di lingkungan tempat tinggal dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang didapatkan di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ahid, Nur. (2010). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ajat, Sudrajat, dkk. (2008). Din Al-Islam Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Yogykarta: UNY Press.

Aksara, Sjarkawi. (2005). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara. Syaiful.

Anggis, Karawaci. (2015). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berperilaku Menyimpang (Studi Kasus Pada Perilaku Menyimpang Di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan). Artikel Jurnal PLS FIP UNY. Hlm. 11-15.

Damiana, Besty. (2013). Pola Asuh anak pada keluarga petani di Desa Mangat Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang. Skripsi (Tidak diterbitkan). Pontianak. Universitas Tanjungpura.

Darmiyati, Zuchadi. (2003). Humanisasi Pendidikan (Kumpulan Makalah dan Artikel tentang Pendidikan Nilai). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdikbud.

--------------. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunarsa, S.D. (2005) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Godam. 2008. Jenis dan Macam Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Cara Mendidik/Mengasuh Anak yang Baik. http://organisasi.org/jenis-macamtipe-pola-asuh-orabgtua-pada-anak-cara-mendidik-mengasuh-anak-yangbaik. Diakses 21 maret 2015.

H.A.R Tilaar. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarata: Rineka Cipta.

Haris Herdiyansyah. (2013). Wawancara,Observasi & Fows Groups. Jakarta :

PT Grafindo Persada.

Lexy .J. Moeleong (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

--------------------------. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

I Wayan, Koyan. (2000). Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Depdiknas.

M.Yunus, Firdaus. (2004). Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Mardiya.(2009). Kiat-kiat Khusus Membangun Keluarga Sejahtera. Jakarta: BKKBN Pusat.

Muhammad, Asrori. (2008). Psikologi pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Muhammad, Syarif. (2003). ABG Islami: Kiat-kiat Efektif Mendidik Anak dan Remaja. Bandung: Pustaka Hidayah.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musaheri. (2007). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Moh, Shochib. (2010). Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. (2011). Metode Research. Bandung : Tarsito.

Nurul, Zuriyah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarata: Bumi Aksara.

Prayitno, Elida. (2005). Psikologi perkembangan. Padang: Angkasa Raya.

Puji, Lestari. (2008). Pola Asuh Anak dalam Keluarga (Studi kasus pada pengamen anak-anak di kampung Jlagren, Yogyakarta). (Artikel). Dimensia Vol. 2 No. 1. Maret 2008 hal: 53-54.

Siti, H.R. (2013) Dengan juduk “Pola pengasuhan anak pada keluarga TKW dari perspektif sosiologi hukum keluarga islam di Desa Legokjaya, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: UIN.

Sudjana, H.D. (2004). Pendidikan Luar Sekolah, Wawasan, Sejarah, Perkembangan, Filsafah, Teori Pendukung. Bandung: Falah Production.

------------, H.D. (2001). Managemen Program Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

------------. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutaryat. (2005). Pendidikan Nonformal, Wawasan Sejarah Perkembangan, Filsafat dan Teori Pendukung, serta Asas. Bandung: Falah Production.

Tarsis, Tarmuji. (2001). Pengembangan Diri. Yogyakarta: Liberty.

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

---------. (2012). Metode PenelitianKualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

W.J.S. Poerwadarminta. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/78/jtptiain-gdl-sitimusoda-3896-1-3103048_-p.pdf. Diakses 17 April 2015.

Yusniah. 2008. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar siswa Mts Al Falah Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yuska (2013). Pola Asuh Orang tua pada keluarga nelayan tradisional di Dusun Karanganom kelurahan karangrejo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas ilmu pendidikan luar sekolah. Universitas Jember.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: remaja rosdakarya.

Wiji, Suwarno. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Zakiah, Dardjat. (2001). Pendidikan agama islam dalam keluarga bagi anak. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats