EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN PROGRAM MENJAHIT DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Richard Amri,
Deni Kurniawan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian pelaksanaan kurikulum pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Kabupaten Bandung Barat dengan standar yang belaku secara nasional meliputi komponen, proses dan tujuan program. Komponen-komponen kurikulum pendidikan nonformal terdiri atas masukan lingkungan, masukan sarana, masukan mentah dan masukan lain. Proses yaitu interaksi edukasi antara masukan sarana, terutama pendidik, dengan masukan mentah yaitu peserta didik, untuk mencapai tujuan kurikulum. Sedangkan tujuan kurikulum mencakup tujuan jangka menengah yaitu keluaran dan tujuan akhir yaitu pengaruh atau dampak program pendidikan nonformal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model evaluasi Countenance yang dikembangkan oleh Robert Stake dengan membandingkan matrik deksripsi dan matrik penilaian pada kriteria antecendent, transaction dan outcome. Sampel dari populasi penelitian adalah pendidik pada LKP program menjahit di Kabupaten Bandung Barat yang telah memiliki Nomer Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengujian Chi-Square untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara standar kurikulum yang berlaku secara nasional dengan implementasi pada LKP program menjahit. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah informasi terkait kesesuaian implementasi kurikulum pada LKP program menjahit dengan standar yang berlaku secara nasional, dan improvisasi dari pihak penyelenggara kursus untuk menyesuaikan terhadap kebutuhan dunia kerja dan dunia industri.


Full Text:

PDF

References


Ashcroft, K., & Palacio, D. (1997). Implementing The Primary Curriculum - A Teacher’s Guide. London: The Falmer Press.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brown, R. ., & Reed, C. S. (2002). An Integral Approach to Evaluating Outcome Evaluation Training. American Journal of Evaluation, 23(1), 1–17. https://doi.org/ISSN: 1098-2140

Coward, A. (2007). Competency Based Education and Training: Implications for Workforce. diakses dari http://textlab.io/doc/6035311/download-competency-based-education-by-antonia-coward-phd.

Guyadeen, D., & Seasons, M. (2016). Evaluation Theory and Practice : Comparing Program Evaluation and Evaluation in Planning. Journal of Planning Education and Research, 1(13), 1–13. https://doi.org/10.1177/0739456X16675930

Hafinda, T. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Sekolah Dasar Negeri Kota Meulaboh. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Hasan, S. H. (2009). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hoffmann, T. (1999). The meanings of competency. European Industrial Training, 23(6), 275–286. https://doi.org/10.1108/03090599910284650

Jaskarti, E. (2013). Penerapan Model Countenance Stake dalam Evaluasi Implementasi KTSP Fisika di SMA (Studi Evaluatif pada Guru SMA Alumni Diklat Berjenjang di P4TK IPA Bandung). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Merritt, B. K., Blake, A. I., Mcintyre, A. H., & Packer, T. L. (2012). Curriculum Evaluation: Linking Curriculum Objectives to Essential Competencies. Canadian Journal of Occupational Therapy, 79(June), 175–180. https://doi.org/10.2182/cjot.2012.79.3.7

Miller, J. ., & Seller, W. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. London: Longman.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Lampiran V. Indonesia.

Sanghi, S. (2007). The Handbook of Competency Mapping (Second). New Delhi: Sage Publications.

Sudjana. N., & Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats