STUDI EVALUATIF KURIKULUM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR DALAM JARINGAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK PAUD

Tintin Kartini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rusman Rusman, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Mutu pendidik merupakan salah satu faktor yang menentukan mutu layanan Pendidikan Anak Usia Dini.  Terkait pendidik, setidaknya terdapat tiga permasalahan  pokok yang dihadapi.  Pertama, jumalah pendidik yang memiliki kualifikasi akademik sarjana dan/atau magister hanya berjumlah 24%.  Kedua, ketersediaan pendidik masih jauh di bawah jumlah kebutuhan.  Ketiga, masih rendahnya kompetensi pendidik yang berdasarkan hasil rata-rata Uji Kompetensi Guru tahun 2015 rata-rata hanya sebesar 53,02.  Pendidikan dan pelatihan berjenjang merupakan salah satu program yang dirancang Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini.  Salah satu inovasi penyelenggaraan diklat berjenjang tersebut dilakukan dengan moda dalam jaringan (daring).  Penelitian ini dilakukan sebagai studi evaluatif untuk mengetahui pengaruh diklat dalam jaringan terhadap peningkatan kompetensi profesional pendidik Pendidikan Anak Usia Dini.  Penelitian pendahuluan ini menggunakan pendekatan kualitatif; data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi.  Temuan pendahuluan dari penelitian ini antara lain 1) strategi pembelajaran diklat daring berbeda dengan diklat konvensional dan berimplikasi pada personil yang dibutuhkan; 2) struktur kurikulum lebih banyak; 3) waktu penyelenggaraan lebih lama; 4) lebih fleksibel dari sisi waktu dan tempat; 5) evaluasi secara daring dan luring 6) lebih efisien dari sisi anggaran.


Full Text:

PDF

References


Burton, E. M. (2003). Distance learning and service-learning in the accelerated format. New Directions for Adult and Continuing

Education, 2003(97), 63–72. https://doi.org/10.1002/ace.89

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Terj). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2011). Pedoman Diklat Berjenjang PTK PAUD. Jakarta: Direktorat

Pembinaaan PTK PAUDNI.Linn, M. C. (1996). Cognition and distance learning. Journal of the American Society for Information Science, 47(11), 826–842. https://doi.org/10.1002/(SICI)1097-4571(199611)47:11<826::AID-ASI6>3.0.CO;2-4

Markova, T., Glazkova, I., & Zaborova, E. (2017). Quality Issues of Online Distance Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 685–691. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.043

Maynard, A. D. (2015). Navigating the fourth industrial revolution. Nature Nanotechnology, 10(12), 1005–1006. https://doi.org/10.1038/nnano.2015.286

PDSPK Kemendikbud. (2017). Statistik pendidikan anak usia dini 2016/2017, 1–119. Retrieved from http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_C6C3980D-F1F1-4BEB-8DFA-FD57559F1D86_.pdf

PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat (2017). Panduan Penyelenggaraan Diklat Dasar Daring Bagi Pendidik PAUD. Bandung: PP PAUD dan DIkmas Jawa Barat.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats