Keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa SMP
Ariyadi Wijaya, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain one-group posttest-only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Yogyakarta yang terdiri dari 10 kelas. Penelitian ini menggunakan satu kelas yang terdiri dari 32 orang siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes prestasi belajar dan angket kepercayaan diri dalam belajar matematika. Uji asumsi normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov satu sampel pada taraf signifikan α = 5%. Teknik analisis data untuk menguji keefektifan model pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika masing-masing menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan α = 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis inkuiri efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa.
The effectiveness of the inquiry-based learning model in term learning achievement and self-confidence in learning mathematics of junior high school students
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of the inquiry-based learning model in terms of learning achievement and self-confidence in learning mathematics of junior high school students. This study was a quasi-experimental with one-group posttest-only design. The population of this study was all students of 7th-grade of SMP Negeri 8 (Yogyakarta State Junior High School Number 8) consisted of ten classrooms. The research used a class consisted of 32 students as the sample that was randomly selected. The data was collected by using test and non-test techniques. The instruments to collect the data were an achievement test and a questionnaire about self-confidence in learning mathematics. The assumption test of data normality used the one-sample Kolmogorov-Smirnov test at 5% significant level. Data analysis techniques for the effectiveness of the learning model in terms of learning achievement and self-confidence in learning mathematics used the one-sample t-test at 5% significant level. The results of this study indicate that the inquiry-based learning model was effective in terms of students’ learning achievement and self-confidence in learning mathematics.Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Abdi, A. (2014). The effect of inquiry-based learning method on students’ academic achievement in science course. Universal Journal of Educational Research, 2(1), 37–41. https://doi.org/10.13189/ujer.2014.020104
Aktamiş, H., Hiğde, E., & Özden, B. (2016). Effects of the inquiry-based learning method on students’ achievement, science process skills and attitudes towards science: A meta-analysis science. Journal of Turkish Science Education, 13(4), 248–261. https://doi.org/10.12973/tused.10183a
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual (T. T. T. Trianto (ed.); Cet. ke-3). Prenadamedia Group.
Anam, K. (2016). Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi (Cet. ke-2). Pustaka Pelajar.
Andriani, I., Nursuprianah, I., & Munawaroh, M. (2015). Perbandingan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika antara yang menggunakan metode jigsaw dengan metode inkuiri terbimbing di kelas VII SMP Satu Atap Negeri Talun Kabupaten Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2), 32–45. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.28
Apino, E., & Retnawati, H. (2018). Creative problem solving for improving students’ Higher Order
Thinking Skills (HOTS) and characters. In E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki, Kasiyan, A. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century Global Citizens (pp. 249–256). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315104188-32
Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203866771
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927
Azni, T. N., & Jailani, J. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 284–295. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7347
Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2019). Educational assessment of students (8th ed.). Pearson.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2014). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.
Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2009). Effects of inquiry-based learning on students ’ science literacy skills and confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.20429/ijsotl.2009.030216
Hilman, H., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Smp dengan metode inkuiri pada persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7149
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674
Keller, M. M., Neumann, K., & Fischer, H. E. (2017). The impact of physics teachers’ pedagogical content knowledge and motivation on students’ achievement and interest. Journal of Research in Science Teaching, 54(5), 586–614. https://doi.org/10.1002/tea.21378
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73–100. https://www.arcjournals.org/pdfs/ijhsse/v1-i11/10.pdf Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Remaja Rosda Karya.
Martyanti, A. (2016). Keefektifan pendekatan problem solving dengan setting STAD dan TAI ditinjau dari prestasi dan self-confidence. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9825
McCoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Instrument development in the affective domain. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7135-6
McGee, P. (2020). Self-confidence: The remarkable truth of why a small change can make a big difference. John Wiley & Sons.
McPheat, S. (2013). Personal confidence & motivation. MTD Training & Ventus Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah, (2016).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Pub. L. No. 58 (2014).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, Pub. L. No. 22, Peraturan Menteri (2006).
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Gonzalez, E. J., & Chrostowski, S. J. (2008). TIMSS 2007 International mathematics report: Findings from IEA’s trends in international mathematics and science study at the fourth and eight grades. TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.
Nurlaela, L., & Ismayati, E. (2015). Strategi belajar berpikir kreatif. Ombak.
Odiri, O. E. (2015). Relationship of study habits with mathematics achievement. Journal of Education and Practice, 6(10), 168–170. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/21452
Purwasih, R. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa MTs di Kota Cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113
Pusat Penilaian Pendidikan. (2014). Laporan hasil Ujian Nasional Tahun 2014: Laporan utama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2015). Laporan hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2014/2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Laporan hasil Ujian Nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2015/2016 (Aplikasi Pamer 2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penilaian Pendidikan.
Rahayu, N. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Sentolo.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. Pearson.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Suhadak, M., & Wutsqa, D. U. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode inkuiri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 60– 69. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9066
Widiastuti, W., & Santosa, R. H. (2014). Pengaruh metode inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9080
Widoyoko, S. E. P. (2015). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik (Cet. ke-3). Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.17878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503
View My Stats