Pengembangan Job Sheet untuk Mata Kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi pada Program studi Sarjana Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Ayu Lhaksmi Primastuti, Yogyakarta State University, Indonesia
Satoto Endar Nayono, , Indonesia

Abstract


Tujuan pada penelitian pengembangan ini adalah: 1) mengetahui bagaimana proses pengembangan job sheet pada mata kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi untuk program studi Sarjana Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Univesitas Negeri Yogyakarta, 2) mengetahui bagaimana hasil pengembangan job sheet pada mata kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi untuk program studi Sarjana Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Univesitas Negeri Yogyakarta. Model penelitian pengembangan yang digunakan menggunakan pengembangan 4-Dmodels yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan empat langkah utama yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Subjek yang disasar dalam penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa yang sudah atau sedang melaksanakan mata kuliah praktik kerja plambing dan sanitasi. Instrumen penilaian ini menggunakan angket skala likert dengan 5 pilihan jawaban yang ditujukan kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna atau dalam hal ini mahasiswa. Data yang diperoleh dari hasil penilaian yang dianalisis dengan teknik deskriptis kuantitatif dengan mencari harga reratanya. Berdasarkan data hasil pengembangan, dapat disimpulkan bahwa 1) proses pengembangan job sheet pada mata kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D. 2) menurut penilaian oleh ahli materi, job sheet yang dikembangkan dikategorikan “layak” dengan nilai sebesar 82,6%, menurut ahli media dikategorikan “sangat layak” dengan nilai sebesar 94,7%, dan menurut pengguna (31 mahasiswa) dikategorikan “sangat layak” dengan nilai sebesar 90,89%. Job sheet yang dikembangkan didesiminasikan dengan cara mencetak media kemudian disebarkan dan digunakan sebagai pedoman melakukan praktik.

Keywords


Job sheet, plambing dan sanitasi, 4-D Models

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ekie Aulia (2019) Pengembangan media pembelajaran mata kuliah praktik kerja beton berbasis adobe flash di JPTSP FT UNY. Yogyakarta: Laporan Tugas Akhir Skripsi

Adnyawati, Ni Desak Made Sri (2004) Peningkatan keterampilan proses dan hasil pembelajaran dekorasi kue melalui metode demonstrasi dan media job sheet mahasiswa jurusan PKK IKIP Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja

Anggarta, Yuan Rido, (2016). Pengembangan job sheet sebagai sumber belajar praktik teknik pengukuran kelas X teknik permesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. UNY: Tugas Akhir Skripsi

Arifin, M. (2006) Ilmu pendidikan islam: tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdesipliner. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Destiyanto,

I Gusti Bagus, (2012) Pengaruh penggunaan job sheet terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata diklat praktik las dasar di SMK Negeri 2 Klaten. UNY: Tugas Akhir Skripsi

Dewata, Hendra (2020) Pengembangan modul pembelajran konstruksi jalan dan jembatan 2 bagi siswa kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Pajangan. Yogyakarta: Laporan Tugas Akhir Skrpsi.

Ghufron, Anik., Purbani, Widyastuti., Sumardiningsih, Sri (2007). Panduan penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: LembagaPenelitian UNY

Jaya, Made Martana Gunadi (2019). Pengembangan job sheet praktik teknik pengukuran tanah siswa kelas x program keahlian konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan di SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Sipil danPerencanaan, FT UNY.

Mulyatiningsih, Endang (2011). Riset terapan. Yogyakarta: UNY Press

Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metodologi penelitian kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta

Prastowo, Andi (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.

Yogyakarta: Divapres

Retnaningsih, Yuli (2012). Peningkatan motivasi dan kompetensi menggambar secara kering menggunakan media job sheet pada mata diklat menggambar busana kelas X di SMK Pembangunan Pacitan. UNY: Tugas Akhir Skripsi

Sadiman, Arif S. (2008). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarno, Alim (2012) Perbedaan penelitian dan pengembangan. Surabaya: Elearning Unesa

Trianto (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif:

konsep, landasan, dan impelemtasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Triyono, M. Bruri, Siswanto, B.T., Hariyanto, Wagiran (2009). Materi diktat training of trainer calon tenaga pengajaran/dosen lingkungan diklat perhubungan tahun 2009. Magelang: Badan Diklat Departemen

Perhubungan

Umar, H. (2011). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Edisi: Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.53929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ayu Lhaksmi Primastuti, Satoto Endar Nayono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.