Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbasis Animasi Power Point Materi Instalasi Listrik

Egi Triaghosa, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Heri Suryaman, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Soeparno Soeparno, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Hendra Wahyu Cahyaka, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung berbasis animasi pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung khususnya pada materi pembuatan gambar instalasi listrik (2) menguji kevalidan dan; (3) keefektifan media pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung berbasis animasi untuk membantu peserta didik memahami pesan dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) menurut Sugiyono yang dimodifikasi hingga menghasilkan delapan tahap yang terdiri dari: (1) Potensi dan Masalah; (2) pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) Validasi; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian. Lember validasi dan lembar respon peserta didik merupakan instrumen yang digunakan dalam pengambilan data dengan melibatkan peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 3 sebagai subjek penelitian. Hasil Uji Validasi perangkat maupun media pembelajaran oleh kedua validator memperoleh nilai kelayakan yang dapat dikatergorikan sangat baik. Hasil dari kuesioner yang diberikan kepada peserta didik selaku subjek penelitian pada saat uji produk perluas juga menghasilkan nilai dengan kaegori sangat baik. perolehan hasil yang didapat mendukung untuk dikembangkannya media pembelajaran berbasis animasi power point pada materi menggambar instalasi listrik dikategorikan layak dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Animasi Power Point, Instalasi Listrik, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.53878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Egi Triaghosa, Heri Suryaman, Soeparno -, Hendra Wahyu Cahyaka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.