Pengaruh Kepemimpinan Distributif dan Kewirausahaan Kepala Sekolah terhadap Pencapaian SNP di SMK Negeri 1 Pajangan

Margi Wisma Gandi, Yogyakarta State University, Indonesia
Darmono Darmono, Yogyakarta States University, Indonesia
Muhammad Nuruzzaman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indah Wahyuni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine (1) the level of attainment of the National Education Standards, (2) the level of the principal's distributif leadership, (3) the level of entrepreneurial leadership of school principals, (4) the influence of the principal's distributif leadership on the achievement of the National Education Standards, (5) the influence of leadership. entrepreneurship of school principals on the achievement of National Education Standards, (6) the influence of distributif leadership and entrepreneurship of school principals together on the achievement of National Education Standards, and (7) the relationship of distributif leadership to the entrepreneurial leadership of school principals. This research is a quantitative research. The object of research in this study is SMK Negeri 1 Pajangan. The data collection technique used a questionnaire.  Instrument  validation  uses  product  moment  correlation  and  reliability  uses  the  Alpha Croncbach formula. The data analysis technique used descriptive analysis and multiple regression. The results showed that: (1) the level of achievement of the National Education Standards obtained an average score of 85.98% in the very suitable category, (2) the level of distributif leadership obtained an average achievement of 83.55% in the very suitable category, (3) ) the level of entrepreneurial leadership attainment of the principal is 74.2% (4) there is a significant positive effect of distributif leadership on the National Education Standards, as evidenced by the tcount of 2.503> t table 2.048 at the 5% significance level and the correlation coefficient of 0.545, (5) There is a positive influence between the entrepreneurial leadership of the principal on the achievement of the National Education Standards, as evidenced by the tcount of 0.514> 0.355 at a significance level of 5% and a correlation of 0.514, (6) there is a positive influence between distributif leadership and entrepreneurship of school principals together. against the achievement of the National Education Standards, it is evident an with Fcount of 9.269> Ftable 3.348 at a significance level of 5% and a correlation value of 0.631 with an effective contribution of 29.8%. and (7) there is a relationship between the principal's distributif leadership and the principal's entrepreneurial leadership, as evidenced by the correlation coefficient 0.410> 0.355, p = 0.05.

Keywords: Leadership, Distributif, Entrepreneurship, Principal, SNP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pencapaian Standar Nasional Pendidikan, (2) tingkat kepemimpinan distributif kepala sekolah, (3) tingkat kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah (4) pengaruh kepemimpinan distributif kepala sekolah terhadap pencapaian Standar Nasional Pendidikan, (5) pengaruh kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah terhadap pencapaian Standar Nasional Pendidikan, (6) pengaruh kepemimpinan distributif dan kewirausahaan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap pencapaian Standar Nasional Pendidikan, dan (7) hubungan kepemimpinan distributif terhadap kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Pajangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validasi instrument menggunakan product moment correlation dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat pencapaian Standar Nasional Pendidikan memperoleh skor rata-rata 85,98% dengan kategori sangat sesuai, (2) tingkat kepemimpinan distributif memperoleh pencapaian rata-rata sebesar 83,55% dengan kategori sangat sesuai, (3) tingkat pencapaian kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah pencapaian sebesar 74,2% (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan kepemimpinan distributif terhadap Standar Nasional Pendidikan, dibuktikan dengan thitung sebesar 2,503 > ttabel 2,048 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien korelasi sebesar 0,545, (5) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah terhadap pencapaian Standar Nasional Pendidikan, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 0,514 > ttabel 0,355 pada taraf signifikansi 5% dan korelasi sebesar 0,514, (6) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan distributif dan kewirausahaan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap pencapaian Standar Nasional Pendidikan, dibuktikan dengan Fhitung sebesar 9,269 > Ftabel 3,348 pada taraf signifikansi 5% dan nilai korelasi sebesar 0,631 dengan sumbangan efektif sebesar 29,8%. dan (7) terdapat hubungan antara kepemimpinan distributif kepala sekolah terhadap kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,410 > 0,355, p = 0,05.

 


Keywords


Kepemimpinan, Distributif, Kewirausahaan, Kepala Sekolah, SNP

Full Text:

PDF 1

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Februari 2020:Tingkat PengangguranTerbuka (TPT) sebesar 4,99 persen. Diambil pada tanggal 20 Oktober 2020, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/ 05/1672/februari-2020--tingkat- pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99- persen.html

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran (Cet ke 1). Yogyakarta: Gava Media.

Kumparan News. (2019). Desember 2019: Jumlah Sekolah Terakreditasi di Tahun 2019 Meningkat. Diambil pada tanggal 20 Oktober 2020,dari https://m.kumparan.com/amp/kumparannew s/jumlah-sekolah-yang-terakreditasi-di- tahun-2019-meningkat-1sT9XiBoam9

Louis, K.S., & Murphy, J. (2017). Trust caring and organizational learning: The leader’s role. Journal of Educational Administration, 55 (1).

Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan. Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pertiwi. (2010). Kontribusi Kemampuan Enterpreneur Kepala Sekolah terhadap Pengembangan Sekolah. Skripsi. UNY.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Satyawati, S.T. (2020). Pengaruh Kepengawasan dan Kepemimpinan Distributif Relasional Terhadap Komitmen Organisasi Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (2), 142-151

Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22 (2). 200-207. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8391

Soeharto. (2012). Pencapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendididkan, Tahun XXXI, Nomor 1

Subarkah. (2013). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara pada Tahun 2013. Skripsi. UNY.

Sumarmi, E., Usman, H., & Rahmad, E. (2017). Implikasi Kepemimpinan Distributed Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri Sendawar Terhadap Peran Kepala Sekolah. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 2 (3). 224-239. Nopember 2017

Tilaar, H.A.R. (2012). Standarisasi Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, H. (2008). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahyuni, I., Nuruzzaman, M., Usman, H., & Darmono, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Mutu dan Distributif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui 8 Standar Nasional Pendididkan (SNP). Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 159-174. doi:https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36350




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Margi Wisma Gandi, Darmono MT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.