Tingkat Kesiapan Peserta Didik Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dalam Menghadapi Dunia Kerja (Studi di SMK Negeri 2 Garut)

Hanna Siti Anisa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nandan Supriatna, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dedi Purwanto, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Peserta didik SMK diprogram oleh pemerintah untuk bisa terjun ke dunia kerja/ dunia industri setelah lulus dan selesai dari masa studinya. Kerja merupakan pencapaian yang dilakukan untuk menerapkan antara pengetahuan teori dan praktek yang diperoleh di sekolah dan dunia industri. Pengalaman bekerja merupakan salah satu aspek tingkat kesiapan dari peserta didik yang didapat dari dunia industri ketika melaksanakan praktek kerja lapangan. Tingkat kesiapan peserta didik yang beragam merupakan salah satu hal yang bisa menjadi tolak ukur ketika para peserta didik lulus dari sekolah. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja dari peserta didik kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner/angket dengan metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan presentase. Responden pada penelitian difokuskan kepada para peserta didik kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Garut yang telah melaksanakan praktek kerja lapangan dengan pengumpulan data menggunakan metode angket tertutup. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan aspek-aspek tingkat kesiapan kerja yang digunakan pada penelitian ini menunjukkan 8% peserta didik sangat siap, 55% peserta didik siap, 27% peserta didik menyatakan tidak siap dan 10% peserta didik sangat tidak siap. Berdasarkan hasil tersebut tingkat kesiapan kerja peserta didik ada di kategori baik dan cukup siap untuk menghadapi dunia kerja.

Level of Readiness of Learners Competency in Design Modeling and Building Information in Facing the World of Work (Study at SMK Negeri 2 Garut)

Abstract

Vocational High School students are programmed by the government to be able to enter the world of work/industrial world after graduating and completing their studies. Work is an achievement made to apply the theoretical and practical knowledge acquired in school and industry. Work experience is one aspect of the readiness level of students obtained from the industrial world when carrying out field work practices. The level of readiness of students who are diverse is one thing that can be used as a benchmark when students graduate from school. Therefore, the purpose of this study is to determine the level of work readiness of students with competency in modeling design skills and building information. The instrument used in this study is a questionnaire/questionnaire with data analysis methods used, namely descriptive methods and quantitative approaches with percentages. Respondents in the study focused on the students' competence in modeling and building information design skills at SMK Negeri 2 Garut who had carried out field work practices by collecting data using a closed questionnaire method. The results obtained based on the aspects of the level of work readiness used in this study showed 8% of students were very ready, 55% of students were ready, 27% of students said they were not ready and 10% of students were much unprepared. Based on these results, the level of work readiness of students is in the good category and quite ready to face the world of work.


Keywords


Tingkat Kesiapan; Peserta Didik SMK; Dunia Kerja; Level of Readiness; Vocational School Students; World of Work

Full Text:

PDF

References


Baititi, Ahmad Awaludin & Munadi, S. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Peserta didik Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 164–180.

Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.

Fitriyanto, A. (2004). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2007). Pengembangan SDM Pelatihan Ketenagakerjaan Pendidikan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jukianto. (2017). Pengaruh Prakerin Dan Peran Guru Pembimbing Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 1 Kota Jambi. (Skripsi). Universitas Jambi.

Mustifasari, A. K. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Akuntansi Di SMK Nasional Pati Tahun Ajaran 2014/2015). (Skripsi). UNNES

Nurhaniah, N. (2013). Peranan Prestasi Belajar Dan PengetahuanTentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan Di Kabupaten Sleman. (Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan). Retrieved from : https://core.ac.uk/download/pdf/1106 7256.pdf

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-karyawan Dan Penelitian Pemula (cetakan ke-empat). Bandung: Alfa Beta.

Riduwan. (2010). Dasar- Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta

Siregar, S. (2011). Statistik Deskriptif untuk Penelitian dilengkapi perhitungan manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Cet 2. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono, D. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Cet. XI. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mix Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. (Setiyawami, Ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.