Kesesuaian antara Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ dengan Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan
R. Eka Murtinugraha, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Rosmawita Saleh, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan di UNJ dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menyajikan hasil data sesuai dengan kenyataan yang ada dengan menggunakan mixed method. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari: (1) Koordinator Program Studi S1 PTB UNJ berupa Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah prodi; (2) Ketua Jurusan SMK Kompetensi Keahlian KGSP berupa buku KI/KD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesesuaian antara kurikulum prodi S1 PTB UNJ dengan kurikulum SMK kompetensi keahlian KGSP. Dapat dilihat dari tingkat persentasenya yaitu: (1) Mata pelajaran konstruksi bangunan gedung sebesar 72,4%; (2) Mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung sebesar 55,5%; (3) Mata pelajaran perawatan gedung sebesar 100%; (4) Mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, sanitasi dan perawatan sebesar 65,4%; (5) Mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sebesar 30%. Dan hasil dari kuesioner mahasiswa PTB UNJ didapatkan tingkat persentase kesesuaiannya yaitu: (1) Mata pelajaran konstruksi bangunan gedung sebesar 75,8%; (2) Mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung sebesar 48,1%; (3) Mata pelajaran perawatan gedung sebesar 62,2%; (4) Mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, sanitasi dan perawatan sebesar 80,7%; (5) Mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sebesar 34,9%.
Compatibility between the Curriculum of the UNJ Building Engineering Education S1 Study Program and the Vocational School Curriculum Competency of Sanitation and Maintenance Building Construction Skills
Abstract
This study aims to determine the level of conformity of the curriculum of the Undergraduate Building Engineering Education Study Program at UNJ with the Vocational High School curriculum for the Competency of Building Construction, Sanitation and Maintenance Skills.This research is a descriptive qualitative research that presents data results in accordance with the existing reality using a mixed method. The data used in this study are secondary data sourced from: (1) the PTB UNJ Undergraduate Study Program Coordinator in the form of Semester Learning Design (RPS) for study program courses; (2) The head of the KGSP Skills Competency SMK Department is in the form of KI / KD books.The results of this study indicate that there is a match between the PTB UNJ S1 study program curriculum with the KGSP expertise competency vocational curriculum. It can be seen from the percentage level, namely: (1) Building construction subjects of 72.4%; (2) Subject of building utility system by 55.5%; (3) Building maintenance subject at 100%; (4) Subjects estimated cost of construction, sanitation and maintenance by 65.4%; (5) Creative products and entrepreneurship subjects by 30%. And the results of the PTB UNJ student questionnaire obtained the percentage level of the suitability, namely: (1) The subject of building construction was 75.8%; (2) Subjects on building utility systems by 48.1%; (3) The subject of building maintenance is 62.2%; (4) Subjects estimated cost of construction, sanitation and maintenance by 80.7%; (5) Creative products and entrepreneurship subjects of 34.9%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[UNJ] Universitas Negeri Jakarta. (2016). Pedoman Akademik 2016/2017 Fakultas Teknik.
Imamudin. (2014). Relevansi Kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan terhadap Dunia Kerja Alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta.
Julistiana, E., Eka Murtinugraha, R., & Bachtiar, G. (2018). Relevansi Materi Ajar di Prodi PTB FT UNJ dengan Materi Ajar di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Jurnal PenSil, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.1
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah No. 464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3).
Lawi, A., & Marentek, T. K. W. Y. (2017). Pengembangan Kurikulum Program Studi Teknik Industri dengan Menggunakan Metode Quality Function Development. Prosiding SNTI Dan SATELIT 2017, 27–32.
Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Rohman, A. (2015). Perbandingan Konsep Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 (Kajian Standar Isi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang SMP). https://doi.org/10.1590/s1809- 98232013000400007.
Sudin, A. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran (Julia (Ed.)). UPI PRESS.
Supatra, I. M., & Soeharto. (2014). Relevansi Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Palangkaraya dengan Kompetensi Guru Pemula SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Standar Kompetens), 345–362.
Surono, & Wagiran. (2016). Profil Guru SMK Teknik Pemesinan dan Relevansinya dengan Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1),94–110. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.81 28.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.