PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS TERSTRUKTUR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UPI

Sri Rahayu,
Rieske Iswardhany,

Abstract


Kajian ini bertujuan sebagai berikut 1) memperoleh gambaran mengenai kecerdasan emosional mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UPI; 2) memperoleh gambaran mengenai penyelesaian tugas terstruktur mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UPI; 3) mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyelesaia tugas terstruktur. Kajian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket skala Likert. Berdasarkan hasil kajian diperoleh secara keseluruhan gambaran kecerdasan emosional memiliki persetase 57,46% yang termasuk kedalam kriteria sedang, untuk penyelesaian tugas terstruktur secara keseluruhan memiliki persentase 43,42% yang  termasuk ke  dalamkriteria sedang  dan    berdasarkan hasil perhitungan Koefisien Determinasi (KD) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap   penyelesaian  tugas   terstruktur  mahasiswa   dapat   disimpulkan  bahwa   kecerdasan  emosional memberikan kontribusi sebesar 19,52% terhadap penyelesaian tugas terstruktur.


Keywords


Kecerdasan emosional, penyelesaian tugas terstruktur

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.