Implementasi Penilaian Pembelajaran pada SMK jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta

A Manap, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui implemetasi penilaian pembelajaran di SMK Jurusan Bangunan di Daerah Intimewa Yogyakarta dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami oleh guru SMK jurusan Bangunan dalam menerapkan sistem penilaian pembelajaran sesuai ketentuan dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi yang dilakukan di 7 (tujuh) SMK negeri Jurusan Bangunan di DIY. Penentuan sampel sekolah dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, pada SMK negeri di DIY yang memiliki jurusan Bangunan. Sumber data adalah guru yang mewakili semua kelompok mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum implementasi penilaian pembelajaran telah sesuai dengan panduan implementasi KTSP. Kendala yang dialami oleh guru antara lain: (1) kesulitan dalam mengembangkan instrumen penilian yang sesuai dengan indikator dan (2) mengobservasi siswa secara individual karena jumlah siswanya banyak.


Keywords


implementasi penilaian, pembelajaran, bangunan, KTSP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: