Implementasi Self-Evaluation untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Pemesinan 3

Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Praktik Pemesinan 3 melalui penerapan self-evaluation. Kualitas pembelajaran tersebut diukur dari aktifitas kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktik Pemesinan 3, grup A1 yang bejumlah 14 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen asesmen prestasi belajar, observasi dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan  kualitatif. Hasil penelitian memperoleh temuan model self-evaluation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pemesinan 3 yang ditunjukan oleh meningkatnya aktifivitas, kemandirian, perhatian dan prestasi belajar mahasiswa.


Keywords


Praktif pemesinan, self-evaluation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: