Model Pembelajaran Microteaching untuk Calon Guru SMK RSBI
Apri Nuryanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran microteaching yang dapat digunakan untuk mempersiapkan calon guru SMK yang bertaraf internasional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil tempat di jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan data awal dilakukan dengan cara memberikan pre-test diawal perkuliahan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal Bahasa Inggris terhadap dua kelas peserta perkuliahan pengajaran mikro sebanyak 30 mahasiswa. Terpilih 6 mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan Bahasa inggris yang sangat aplikatif berkenaan dengan praktik pengajaran mikro dikelas. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan terdiri atas tujuh kali tatap muka. Hasil analisis pre-test menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa peserta perkuliahan pengajaran mikro lemah dalam penguasaaan Bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, model pengajaran mikro untuk calon guru SMK RSBI terdiri atas program perkuliahan pengajaran mikro dan perkuliahan pendalaman Bahasa Inggris yang menekankan pada percakapan. Kedua, perangkat model pembelajaran mikro dua bahasa setidaknya membutuhkan materi-materi pendalaman Bahasa Inggris, kegiatan praktik pengajaran mikro dua bahasa secara bertahap, peralatan perekam dan instrument penelitian. Ketiga, model pengajaran mikro dua bahasa ini dapat diselenggarakan secara paralel/ bersama-sama dengan perkuliahan mikro regular.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i2.9328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My StatsSupported by:
Social Media: