POLA PENDIDIKAN CERDAS KREATIF BERKARAKTER; PRAKSIS DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO JAWA TENGAH

Sumiarti Sumiarti, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Indonesia
Sodiq Azis Kuntoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sutrisno Sutrisno, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (a) landasan filosofis dan konsep pendidikan cerdas, kreatif, dan berkarakter; (b) praktik pendidikan cerdas, kreatif dan berkarakter, dan (c) pola praksis pendidikan cerdas, kreatif, dan berkarakter di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK) Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis karena berupaya mengungkap pengalaman subjek penelitian dalam merumuskan konsep dan praktik pendidikan yang mengintegrasikan kecerdasan, kreativitas dan karakter. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan nonpartisipan, dan analisis dokumen. Pola praksis pendidikan yang terdiri atas konsep pendidikan dan praktik pendidikan yang bersifat dialektis yang mengintegrasikan aspek cerdas, kreatif, dan berkarakter dilaksnakan dalam kegiatan pembelajaran harian, mingguan, bulanan, tahunan dan insidental. Pola Praksis Pendidikan Kreatif-Integratif tersebut dilaksanakan dalam bentuk bermain aneka kretivitas, yaitu: bermain kreativitas angka-logika, bermain kreativitas bahasa, bermain kreativitas warna, bermain kreativitas gerak dan bermain kreativitas musik.

Kata kunci: pendidikan kreatif-integratif, pendidikan cerdas kreatif berkarakter, bermain kreativitas

 

THE PATTERN OF CHARACTERIZED CREATIVE INTELLIGENT EDUCATION: PRACTICE IN THE WADAS KELIR CREATIVE HOUSE PURWOKERTO, THE PROVINCE OF CENTRAL JAVA

Abstract

The study was to uncover: (a) the philosophical foundation and the concept of characterized, creative and intelligent education; (b) the practice of characterized, creative and intelligent education; and (c) the pattern of characterized, creative and intelligent education. The study implemented the phenomenological qualitative approach because the researchers would like to uncover the subjects’ experiences in formulating the educational concept and practice that integrated the intelligence, the creativity and the characters. The data then were gathered by means of in-depth interview, participatory and non-participatory observation and document analysis. The pattern of dialectical educational practice that consisted of the aspects of intelligence, creativity and characters had been implemented in the daily, weekly, monthly, yearly and incidental learning activities. The pattern of Creative-Integrative educational practice had been implemented in the form of color creativity game, movement creativity game and music creativity game.

Keyword: integrative-creative education, characterized creative intelligent education, creativity game

Keywords


pendidikan kreatif-integratif; pendidikan cerdas kreatif berkarakter; bermain kreativitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.9821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi



Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats