PENDIDIKAN KADER DAN PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9816Keywords:
Pendidikan Kader, Pesantren Muallimin MuhammadiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji, menganalisis, dan mendeskripsikan model pendidikan kader berbasis pesantren di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta; (2) mengungkap kehidupan budaya Podok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian pada Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumen, catatan lapangan, rekaman arsip. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pendidikan kader di Madrasah Muallimin mempersiapkan kader kemanusiaan, keummatan, di masa mendatang yang kuat secara ketauhidan, kepribadian, dan keilmuan. Tahap awal menghasilkan kader ulama, pemimpin, muballigh dan pendidik melalui pendidikan dan pelatihan. belajar kemuhammadiyahan lebih mendalam, mencakup historis, organisatoris, dan ideologis, serta mampu memeragakan nilai muhammadiyah itu sendiri. Model pendidikan kader berbasis pesantren meliputi:(a) Input,: menggunakan raport; psikotes; representasi/keterwakilan daerah. (b) Process: memadukan sistem sekolah modern dan asrama pesantren melalui uswah (keteladanan). Strategi pengkaderan, Kurikulum yang dikembangkan untuk perubahan, (c) Output: 95% lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebanyak 80% memasuki perguruan tinggi sesuai dengan harapan siswa. (d) Outcome: alumninya berhasil dengan berbagai profesi dan mengembangkan amal usaha Muhammadiyah di daerah asalnya. (2) Kehidupan Pesantren Muallimin Muahammadiyah membangun: budaya kemandirian, budaya taqwa, budaya akhlaqul karimah, budaya amar makruf nahi mungkar, berorientasi kepada keahlian dan keikhlasan.Downloads
Published
2016-10-05
How to Cite
[1]
Azhar, A. et al. 2016. PENDIDIKAN KADER DAN PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3, 2 (Oct. 2016), 113–125. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9816.
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
![]() | Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |