Analisis pengelolaan ketatausahaan
Geovany Sabaritha Nimaisa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nurva Miliano, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Prihantini Prihantini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Sebagai salah satu komponen sekolah, bidang ketatausahaan berperan penting untuk memastikan berlangsungnya penyelenggaran pendidikan yang efektif. Dalam hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat serta mendalami bagaimana pelaksanaan serta pengelolaan ketatausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil wawancara, jurnal, artikel, buku maupun laporan berita yang dapat diakses secara online maupun print atau cetak. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ciracas 01 Pagi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa di SDN Ciracas 01 Pagi tidak memiliki pegawai atau bagian khusus dalam pengelolaan ketatausahan sehingga guru kelas yang mengemban tanggung jawab dalam pelaksanaan pengelolaan ketatausahaan di sekolah tersebut. Walaupun begitu, dalam pelaksanannya ketatausahan di sekolah tersebut telah dikatakan layak karena setiap guru nya mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan adanya sistem ketatausahaan yang layak pada SDN Ciracas 01 Pagi, maka dapat menunjang keberhasilan sekolah tersebut dalam melakukan proses penyelenggaraan pendidikan.
Abstract
As one component of the school, the field of administration plays an essential role in ensuring the ongoing implementation of effective education. In this case, this study aims to see and explore the implementation and management of administration. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques are based on the results of interviews, journals, articles, books, and news reports that can be accessed online or printed. The research was conducted at Ciracas 01 Pagi State Elementary School (SDN). The study results show that at SDN Ciracas 01 Pagi, there are no employees or a special administrative management section, so the class teacher is responsible for implementing administrative management at the school. Even so, the administration at the school has been said to be appropriate because each teacher can carry out their duties properly. A proper administration system at SDN Ciracas 01 Pagi can support the success of the school in carrying out the process of administering education,
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmed, S. A. (2020). Evaluasi kompetensi pustakawan berdasarkan IFLA School Library Manifesto pada Perpustakaan SMA BPA 1 Bandung [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/56986
Angelista, S. (2019). Administrasi ketatausahaan sekolah. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/kmdpv
Anwar, M. (2020). Peran kepala tata usaha sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/10644/1/burning pusat.pdf
Asmani, J. M., & Hany, V. (2011). Tips praktis membangun dan mengolah administrasi sekolah. DIVA Press.
BBC News Indonesia. (2021, October 13). Sekolah rusak di Indonesia: “Yang sekolah bisa lakukan ya, tidak bisa apa-apa.” bbc.com. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-58865133
Daryanto, H. M. (2011). Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Gava Media.
Ginsberg, R., & Okeafor, K. (1987). Introduction to educational administration. Teaching Education, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.1080/1047621870010222
Haikal, M. N. (2018). Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi siswa (studi pada siswa kelas bawah SDN Bangung II Nganjuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 74–77. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/22303
Herlambang, Y. T. (2016). Pendidikan kearifan etnik dalam mengembangkan karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2789
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif (Y. Abidin & R. A. Kusumaningtyas (eds.)). Bumi Aksara.
Kabuhung, M. (2013). Sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas untuk perencanaan dan pengendalian keuangan pada organisasi nirlaba keagamaan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 339–445. https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1832
Kowalski, T. J. (1993). Contemporary school administration: An instroduction. Longman Publishers.
Kustawan, D. (2016). Manajemen pendidikan inklusif: Kiat sukses mengelola pendidikan inklusif di sekolah umum dan kejuruan (Team Redaksi Luxima (ed.); 3rd ed.). PT. Luxima Metro Media.
Lewis, R. B., Wheeler, J. J., & Carter, S. L. (2017). Teaching students with special needs in general education classrooms (9th ed.). Pearson.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhlis, M., Suib, M., & Wahyudi, W. (2015). Pengelolaan ketatausahaan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan layanan administrasi akademik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9474
Mursyidi, M. (2010). Akuntansi dasar (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
Nawawi, H. (1992). Administrasi pendidikan. Haji Masagung.
Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model pedagogik multiliterasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir abad ke-21. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117–126. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.18821
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Journal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38623
Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika sarana dan prasarana pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i2.119
Rohaya, S. (2012). Upaya kepala sekolah memberdayakan pegawai tata usaha di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Dalu-Dalu Kabupaten Rokan Hulu [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/10270/
Sahputra, H., & Fitria, H. (2020). Peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja staff tata usaha di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 387–398. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1628657&val=12987&title=PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA STAFF TATA USAHA DI SEKOLAH DASAR
Sambodo, D. (2019). Pengelolaan sarana dan prasarana sekolah (MPPKS-SAR). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://repositori.kemdikbud.go.id/15000/1/05.-Sarana-Prasarana-PKS-26042019-final.pdf
Sjioen, A. E., & Ludji, S. R. (2020). Analisis efektivitas pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar Negeri Bonipoi 2 Kota Kupang. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(3), 12–18. https://doi.org/10.32938/jie.v2i3.732
Sudirman, A., Muttaqin, M., Purba, R. A., Wirapraja, A., Abdillah, L. A., Fajrillah, F., Arifah, F. N., Julyanthry, J., Watrianthos, R., & Simarmata, J. (2020). Sistem informasi manajemen. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, S. (2022). Metode penelitian bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatiff, kombinasi, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Zulkarnain, W., & Sumarsono, R. B. (2015). Manajemen perkantoran profesional. Penerbit Gunung Samudera.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.44459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License