Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA

Ilen Putri Handayani, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Hasrul Hasrul, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Permasalahan  kareakter anak sangat beragam di Sekolah Menengah Pertama (SMA), mulai dari displin, sampai dengan juga toleransi, sehingga diperlukan kemitraan guru dan orang tua dalam membentuk karakter anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 2 Ranah Pesisir. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu wawancara terstruktur dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif analisis Miles dan Hiberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan kurikulum 2013 di SMA guru dan orang tua siswa dalam bekerjasama membentuk karakter anak dengan selalu mengarkan bersyukur dengan pemberian orang lain, perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, dan menunjukan sikap dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan, suka bergaul dengan teman-teman, ramah, dan gotongroyong, dan bersosilisasi dengan masyarakat yang berlandasrkan kurikulum 2013.

Analysis of the partnership between teachers and parents in the formation of children's character based on the 2013 Curriculum in SMA

Abstract

The problem of children's character is very diverse in high school, ranging from discipline to tolerance, so a partnership between teachers and parents is needed in shaping children's character. The location of the research was carried out at SMA N 2 Ranah Pesisir. The research sample was taken using the purposive sampling technique. Data collection techniques in this study used two ways, namely structured interviews and observation. Sources of data in this study are primary data and secondary data. The data analysis technique used in this research is the interactive model of Miles and Huberman's analysis. The results showed that: The partnership of teachers and parents in shaping the character of children based on the 2013 curriculum in high school teachers and parents of students in working together to shape children's character by always showing gratitude with the gifts of others, honest behavior, discipline, responsibility, caring, polite, environmentally friendly, mutual cooperation, cooperation, and showing attitudes in interacting effectively with the environment and nature as well as in placing oneself as a reflection of the nation in association, likes to hang out with friends, friendly, and mutual cooperation, and socialize with the community based on the 2013 curriculum.


Keywords


Kemitraan; guru dan orang tua; karakter; Kurikulum 2013; partnership; teachers and parents; character; 2013 Curriculum

Full Text:

PDF

References


Ariantini, N. P., Suandi, I. N., & Sutama, I. M. (2014). Implementasi pengintegrasian sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1178

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. https://doi.org/10.24036/jupe7950.64

Fadlillah, M. (2017). Model kurikulum pendidikan multikultural di taman kanak-kanak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.13286

Fatimah, F., Djailani, D., & Khairuddin, K. (2015). Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Geumoang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(4), 149–159. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2601

Firdaus, B., & Anwar, R. (2020). Memaknai nilai kemanusiaan dalam sila kedua. Character Building BINUS University. https://binus.ac.id/character-building/pancasila/memaknai-nilai-kemanusiaan-dalam-sila-kedua/

Fitroh, N., Kurniawan, W., Azizah, A., Pratama, B., & Ahyar, M. (2016). Mengapa remaja Bugis Makassar bersukur?: Pendekatan indigenous psychology. Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2). https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/view/101

Hartini, S. (2017). Pendidikan karakter disiplin siswa di era modern sinergi orang tua dan guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 302–308. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752

Hidayatullah, M. F. (2019). Model pendidikan karakter sepenuh hati pada siswa madrasah ibtidaiyah. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 20–28. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4972

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; Menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. EduReligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan Kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif; Cetakan ke 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadzir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338–352. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.338-352

Nihayah, I., & Anggraini, F. S. (2018). Internalisasi karakter bersyukur untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/ncjpx

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor-faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan: Sinergitas Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 121–126.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Rahman, B. (2014). Kemitraan orang tua dengan sekolah dan pengaruhnya terhadap hasil belajarr siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(2), 129–138. http://repository.lppm.unila.ac.id/213/

Rumapea, M. E. (2013). Kurikulum 2013 yang berkarakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 27–38. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (17th ed.). Alfabeta.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Wardani, A. K. (2018). Sikap spiritual siswa di SMP Muhammadiyah Daarul Arqom Tulung Tahun 2017/2018 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/63012/1/Naskah Publikasi.pdf

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/632

Winda, N. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 87–94. https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.343

Zainuddin, H. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter anak bangsa. Universum : Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.30762/universum.v9i1.80

Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap mahasiswa dalam proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 73–87. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2534




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats