Hubungan kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi
Miftahus Surur, (Scopus ID: 57212514433) STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Zainul Munawwir, STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Abstract
Ketercapaian dan suksesnya sebuah proses pembelajaran dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa memperoleh atau mencapai nilai-nilai yang telah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun sebaliknya, rendahnya hasil belajar siswa menunjukkan tidak tercapai dan suksesnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar degan hasil belajar mata pela-jaran ekonomi pada siswa MA Sarji Ar-Rasyid Situbondo tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel menggunakan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 59 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Pearson product moment, korelasi ganda, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Tidak ada hubungan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar dengan r hitung -0,207 < r tabel 0,254; 2.) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan r hitung 0,366 < r tabel 0,254; dan 3.) Terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan rYX1X2 0,882 < r tabel 0,254. Pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil F hitung 4,080 > F tabel 3,16. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa MA Sarji Ar-Rasyid tahun pelajaran 2020/2021.
Relationship between interpersonal intelligence and learning motivation with economic learning outcomes
Abstract
The achievement and success of a learning process can be seen from the value of learning outcomes obtained by students. Learning is said to be successful if students obtain/achieve values that are in accordance with the learning objectives. On the other hand, the low student learning outcomes indicate that the learning process is not achieved and the success of the learning process. This study aims to determine the relationship between interpersonal intelligence and learning motivation with learning outcomes in economics subjects at MA Sarji Ar-Rasyid Situbondo students in the 2020/2021 school year. Quantitative research methods were used in this study with a sampling technique using a population. Data collection techniques using observation, documentation, and questionnaires. The total population of this study was 59 students. Hypothesis testing using Pearson product-moment correlation, multiple correlations, and multiple linear regression. The results of this study indicate that: 1.) There is no relationship between interpersonal intelligence and learning outcomes with r count -0.207 < r table 0.254; 2.) There is a relationship between learning motivation and learning outcomes with r count 0.366 < r table 0.254; and 3.) There is a relationship between interpersonal intelligence and learning motivation with learning outcomes with rYX1X2 0.882 < r table 0.254. At a significant level of 5%, the results obtained are F count 4.080 > F table 3.16. The conclusion in this study is that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the hypothesis (Ho) is rejected, meaning that there is a significant relationship between interpersonal intelligence and learning motivation and the economic learning outcomes of Sarji Ar-Rasyid's MA students in the 2020/2021 school year.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M., Muhidin, S. A., & Somantri, A. (2011). Dasar-dasar metode statistika untuk penelitian. Pustaka Setia. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/15026/dasar-dasar-metode-statistika-untuk-penelitian.html
Apriyanti, M. E. (2016). Motivasi belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah menegah kejuruan swasta. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 289–296. https://doi.org/10.30998/fjik.v3i3.820
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35904799/Hal._11-21_Minat_dan_motivasi_belajar-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1644430070&Signature=OEoth11O1zQBbCFvcpSgkKwF-F7mzhfM5FcnrUs2S3Gejv3qDPki2cstxGad8yFVBz09MR69M-3Nh~yjRDaylHsLkUVx3oXcEzIXah2RJW8x8QVBXg9aX5
Asmari, J. B. (2017). Hubungan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 391–396. http://hdl.handle.net/11617/8817
Dewi, M. A., Budiyono, B., & Kurniawan, H. (2019). Hubungan kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 228–233. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28916
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(1), 34–44. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM;Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1607–1611. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6678
Wahyudi, W., Verawati, N. N. S. P., Ayub, S., & Prayogi, S. (2019). The effect of scientific creativity in inquiry learning to promote critical thinking ability of prospective teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(14), 122–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i14.9532
Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Wulandari, W., Jaenudin, R., & Rusmin, A. R. (2016). Analisis kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. JURNAL PROFIT : KAJIAN PENDIDIKAN EKONOMI DAN ILMU EKONOMI, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5570
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License