Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning

Lilis Setiawan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Naniek Sulistya Wardani, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Trifosa Intan Permana, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PBL) dan langkah-langkah pendekatan PBL yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran tematik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Robin Mc. Taggart dengan prosedur penelitian 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik non tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan PBL. Hal tersebut ditunjukkan oleh peningkatan kreativitas belajar yakni banyaknya siswa yang memiliki kreativitas tinggi sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (33,33% dari seluruh siswa). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi meningkat menjadi 11 siswa (52,38% dari seluruh siswa), dan pada siklus II jumlah siswa yang yang memiliki kreativitas belajar tinggi menjadi 17 siswa (80,95% dari seluruh siswa).

Abstract

This research aims to find an increase in student learning creativity in thematic learning using the project-based learning approach and the steps in the project-based learning approach that can increase students’ creativity in thematic learning. The research subjects were 21 students of grade 5 elementary school. This research is a classroom action research (PTK) using a spiral model from C. Kemmis and Robin Mc. Taggart with a research procedure of two cycles, each cycle consisting of three stages, which are (1) planning, (2) implementation and observation, and (3) reflection. Data collection techniques used in this study were non-test techniques. The research instrument was an observation sheet. The results showed an increase in student learning creativity in thematic learning using the project-based learning approach. This is shown by the increase in learning creativity, the students who had high creativity before the action were as many as seven students (33.33% of all students). After being given the action in the first cycle, the number of students with high learning creativity increased to 11 (52.38% of all students). In the second cycle, the number of students with high learning creativity became 17 students (80.95% of all students).


Keywords


Kreativitas; pembelajaran Berbasis Proyek; pembelajaran tematik; creativity; project-based learning; thematic learning

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas model OPPEMEI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343

Alzoubi, A. M., Al Qudah, M. F., Albursan, I. S., Bakhiet, S. F., & Abduljabbar, A. S. (2016). The effect of creative thinking education in enhancing creative self-efficacy and cognitive motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117–130. https://doi.org/10.5539/jedp.v6n1p117

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2017). Pelaksanaan pembelajaran tematik sesuai Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 03 Wajak. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 67–76. https://doi.org/10.30651/else.v1i1.872

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Bahrudin, B., Hidayat, S., & Hendrayana, A. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 131–139. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7481

Ernawati, M., Muhammad, D., Asrial Asrial, & Muhaimin Muhaimin. (2019). Development of creative thinking skill instruments for chemistry student teachers in Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 15(14), 21–30. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11354

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Handajani, S., Pratiwi, H., & Mardiyana Mardiyana. (2018). The 21st century skills with model eliciting activities on linear program. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 012059. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012059

Hariyanto, H., & Warsono, W. (2013). Pembelajaran aktif: Teori dan assesment (N. N. Muliawati (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor Ghalia Indonesia.

Jalaluddin, J. (2016). Model-model pembelajaran dan implementasi dalam RPP. Media Mutiara Lentera.

Lydiati, I. (2019). Enhancing the creativity of students in statistics materials through the PjBL-STEM learning model class XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

Mashitoh, N. L. D., Sukestiyarno, Y., & Wardono, W. (2021). Creative thinking ability based on self efficacy on an independent learning through google classroom support. Journal of Primary Education, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I1.45248

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nuryati, N., & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan kreativitas pada anak usia dini kelas SD awal usia 6-8 tahun melalui metode praktikum membatik. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1959

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan hasil belajar tematik melalui problem based learning dalam pembelajaran daring siswa kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam Jaringan (daring) masa pandemi Covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis learning and inovation skills mahasiswa PAI melalui pendekatan saintifik dalam implementasi keterampilan abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–81. https://doi.org/10.17509/boga.v7i1.11599

Surono, E. T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kretivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 9 sub tema 1 kekayaan sumber energi Indonesia kelas 4 SD Negeri Patemon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 780–789. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.282

Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative thinking ability with open-ended problems based on self-efficacy in Gnomio blended learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 10(1), 20–25. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34277

Utami, M. (1999). Kreativitas dan keberbakatan strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Grasindo.

Vera, M., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada kelas V SDN Sidorejo Lor V Salatiga. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11–21. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/299

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 5 menggunakan model mind mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Yani, L., & Taufik, T. (2020). penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar (studi literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 70–82. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Yuniawardani, V., & Mawardi Mawardi. (2018). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 1(2), 24–32. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/251




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats