Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan kampus, dan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar

Betris Juliana Situmorang, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Kusuma Chandra Kirana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Ignatius Soni Kurniawan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan kampus dan penggunaan media sosial  secara parsial bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa, pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa, pengaruh lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa, pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Jumlah sampel 82 orang mahasiswa program studi manajemen angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Saarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Hasil penelitian: 1.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa; dan 4.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional, lingkungan kampus dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Abstract

This study aimed to determine the effect of emotional intelligence, campus environment, and the use of social media simultaneously on student achievement, the influence of emotional intelligence on student achievement, campus environment on student achievement, the use of social media on student achievement. The research method used was a survey. The total sample is 82 students batch 2017 of the management study program, Faculty of Economics, Sarjanawiyata Tamansiswa University (UST). The sampling technique used is accidental sampling. Research results: 1.) there is a positive and significant effect of emotional intelligence on student achievement; 2.) There is a positive and significant influence of campus environment on student achievement; 3.) There is a positive and significant influence of the use of social media on student achievement: 4.) There is a positive and significant influence of emotional intelligence, campus environment, and the use of social media simultaneously on student achievement.


Keywords


Kecerdasan emosional; lingkungan kampus; penggunaan media sosial; prestasi belajar; emotional intelligence; campus environment; The use of social media; student achievement

Full Text:

PDF

References


Ariani, M. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi denan variabel moderating kepercayaan diri. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 8(2), 133–148. https://doi.org/10.25105/jipak.v8i2.4517

Bimayu, W., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2020). The effect of emotional intelligence, student’s motivation toward student’s achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 6–16. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v20.1.1708

Dedyerianto, D. (2019). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. AL-TA’DIB, 12(2), 208–225. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206

Dwipurwani, O., Maiyanti, S. I., Desiani, A., & Suryati, S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa ditinjau dari karakteristik lingkungan kampus (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA Unsri). Jurnal Penelitian Sains, 15(1), 1–5. https://doi.org/10.26554/jps.v15i1.85

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habes, M., Alghizzawi, M., Khalaf, R., Salloum, S. A., & Ghani, M. A. (2018). The relationship between social media and academic performance: Facebook perspective. International Journal of Information Technology and Language Studies (IJITLS), 2(1), 12–18. Retrieved from https://journals.sfu.ca/ijitls/index.php/ijitls/article/view/18

Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh keaktifan belajar & kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.47080/progress.v2i1.490

Indriana, D., Widowati, A. I., & Surjawati, S. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik : Studi kasus pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 39–48. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.557

Kristianawati, R., & Wafirotin, K. Z. (2017). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 79. https://doi.org/10.24269/iso.v1i1.47.g32

Naibaho, H., Adi, F., Veryco, V., & Sugiarto, S. (2010). Pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 22–26. https://doi.org/10.9744/pemasaran.5.1.22-26

Nasution, H. M. F. (2001). Hubungan metode mengajar dosen, keterampilan belajar, sarana belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.17977/jip.v8i1.524

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Purwati, P., & Nurhasanah, N. (2016). Deskripsi pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika UNIPA. Pancaran Pendidikan, 5(4), 169–178. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3777

Shaleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 109–141. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik, W., & Mulyani, Y. sri. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial. 4(Mei), 1–7.

Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2018). Analisis dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.690

Winkel, W. S. (1997). Psikologi pendidikan dan evaluasi balajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats