Penerapan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar gambar teknik

Desi Novita Sari, Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Chelsea Romaida Panjaitan, Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Enny Keristiana Sinaga, Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Suhairiani Suhairiani, Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan standart kompetensi menerapkan dasar dasar gambar konstruksi bangunan pada kompetensi menggambar proyeksi orthogonal (MPO) melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dikemas dalam bentuk siklus 1 pembelajaran menggambar  dasar dasar gambar kontruksi bangunan dan pada siklus II pembelajaran menggambar proyeksi orthogonal (MPO). Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI Program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi , sedangkan teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menganalisa tingkat ketuntasan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari 24 peserta didik (88,8%) yang lulus pada siklus I menjadi 27 peserta didik (100% ) yang lulus pada siklus II. Berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat menuntun peserta didik lebih aktif dalam belajar dan menambah tanggung jawab dan kemandirian dalam diri peserta didik. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dikelas XI Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan standart kompetensi dasar-dasar gambar konstruksi bangunan dan kompetensi dasar menggambar proyeksi orthogonal pada SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2016-2017 membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik yang siqnifikan.


Keywords


Explicit instruction; gambar teknik; hasil belajar; technical drawing; learning outcomes



DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.28998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats