Analisis hubungan sikap toleransi siswa terhadap hasil belajar siswa
Cicyn Riantoni, Universitas Jambi, Indonesia
Emiwati Emiwati, SMP Negeri 3 Batanghari, Indonesia
Abstract
Karakter adalah fondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Namun, proses pendidikan masih belum ber-hasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter, dan hasil belajar merupakan sesuatu yang didapatkan melalui proses belajar, baik didapatkan di sekolah, lingkungan sosial maupun di keluarga. Kami melakukan pene-litian terhadap siswa Sekolah Mengah Pertama, tentang apakah karakter siswa mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi yaitu uji normalitas dan linieritas, dan uji hipotesis yaitu uji korelasi atau statistik parametrik. subjek dalam pene-litian ini adalah siswa SMPN 5 Muaro Jambi. hasil dari penelitian ini Ter-dapat pengaruh yang positif dan signifikan semua variabel bebas X (angket sikap toleransi siswa) terhadap variabel terikat Y (hasil belajar siswa) baik pada kelas VIII-C maupun pada kelas VIII-D yang dibuktikan dengan uji statistik parametrik atau uji korelasi pearson dimana nilai sig < 0,05.
Abstract
Character is the foundation of the nation that is very important and needs. However, the educational process still has not succeeded in building Indonesian human character, and learning outcomes are something that is obtained through the learning process, both obtained in school, social environment, and the family. We research the students of junior high school, about whether student character influences student learning outcomes. This study uses a type of survey research. The data of this the study uses quantitative data, the data analysis technique in this study is the assumption test, namely the test for normality and linearity, and hypothesis testing, namely the correlation test or parametric statistics. the subjects in this study were students of SMPN 5 MUARO JAMBI. the results of this study There is a positive and significant effect of all independent variables X (student attitude tolerance questionnaire) on the dependent variable Y (student learning outcomes) both in class VIII-C and in-class VIII-D as evidenced by parametric statistical tests or correlation tests Pearson where the value is sig <0.05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, C. T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Asmani, J. M. (2012). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di SMA N Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64. doi: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694
Bakrac, V. (2015). The importance of dialogue and tolerance in a plural society. European Journal of Social Sciences Education and Research, 2(2), 26-33.
Darmawangsario, R. (2018). Pengembangan instrumen sikap siswa Sekolah Menengah Atas terhadap mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-114.
Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M., A. (2013). Pengaruh sikap menghindari risiko sharing dan knowledge self-efficacy terhadap informal knowledge sharing pada mahasiswa FISE UNY. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen Indonesia, 2(2), 181-209. doi: https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1671
Fathurrohman, I. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan siswa terhadap perilaku belajar siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(2), 13-21.
Fitriani, F. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. PEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 4(2), 137-142.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 103- 116. doi: https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a9
Japar, M., Damayanti, E., & Nur, F. (2017). Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching antara yang melakukan dan tidak melakukan field trip. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 134-147. doi: https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2a12
Miskiah, M. (2018). Model pendidikan karakter pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(1), 59-69. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.20611
Nashar, N. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Ningsih, T., Zamroni, Z., Zuchdi, D. (2015). Implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 9 Purwokerto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(2), 225- 236. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9811
Novita, D. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar akuntansi. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 43-52. doi: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1251
Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105-144. doi: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Prihanto, I., Hermawan, R., & Dhika, H. (2012). Kajian efektifitas dan implementasi penggunaan aplikasi berbasis open source untuk pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Prosiding SNaPP2012: Sains, Teknologi, dan Kesehatan, 3(1), 43-50.
Ramayani, C. (2016). Interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar siswa. Jurnal Pelangi, 8(2), 187-190. doi: https://doi.org/10.22202/jp.2016.v8i2.1729
Rusman, R. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, M. N., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara Magelang. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 115-130. doi: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.16373
Sidi, P. (2014). Krisis karakter dalam perspektif teori struktural fungsional. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 72-81. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2619
Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44. doi: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559
Sudaryanto, S. (2015). Matahari yang terlupakan: Pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di sekolah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(2), 166-171. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i2.12422
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, N., W., & Muhadjir, N. (2017). Pendidikan karakter dalam serat Tripama Karya Mangkunegara IV. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 5(2), 187-198. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.15696
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License