Model pendidikan karakter pada madrasah ibtidaiyah

Miskiah Miskiah, Balai Diklat Keagamaan Palembang, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1)konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah, dan (2) model pengembangan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran di  Madrasah Ibtidaiyah.  Penelitian ini berhasil menemukan bahwa: (1) konsep pendidikan  karakter di Madrasah Ibtidaiyah  merupakan bentuk pendidikan yang memuat materi-materi pendidikan karakter yang diperuntukkan bagi pembelajaran anak sejak dini dalam rangka mengenalkan dan menanamkan karakter-karakter baik pada diri anak. (2) model pengembangan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan menggunakan empat model pendekatan penyampaian, yaitu model sebagai mata pelajaran tersendiri (monolitik), model terintegrasi dalam semua bidang studi, model di luar pengajaran dan model gabungan. Dari keempat pendekatan tersebut yang cocok diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah hanya dua, yakni: model terintegrasi pada semua bidang studi dan model gabungan.

Kata kunci: pendidikan karakter, madrasah ibtidaiyah

 

THE MODEL OF CHARACTERISTIC EDUCATION IN MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

The purpose of this article is: (1) to describe the concept of character education in Madrasah Ibtidaiyah, (2) to describe the development of character education model in Madrasah Ibtidaiyah. This study was a descriptive qualitative method. The data were collected through interviews, observation and documentation. The results of this study are: (1) the concept of character education in Madrasah Ibtidaiyah is a form of education that contains the materials of character education which given to the teaching and learning of the children.(2) There are several models of implementation of character education in Madrasah Ibtidaiyah, a) Model as an individual subject (monolithic), b) Integrated model in all field of study,  c) Model outside  of teaching, d) Combined model. There only two approaches that can be applied in Madrasah Ibtidaiyah: integrated model in all field of study and combined model.

Keywords: character education, madrasah ibtidaiyah

Keywords


character education; madrasah ibtidaiyah

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.20611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi



Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats