MEMBENTUK GURU YANG BERMORAL, HUMANIS DAN PROFESIONAL MELALUI PROSES PSIKO-PEDAGOGIS

Muhammad Nur Wangid, Department of Primary Education, The Graduate School of Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Keinginan mewujudkan guru yang berkarakter sudah lama diinginkan. Setiap periode masa dan lembaga merumuskannya dalam termonologi yang beragam. Universitas Negeri Yogyakarta menginginkan menghasilkan calon guru yang bermoral, humanis, dan profesional pada saat ini. Untuk dapat menghasilkan calon guru yang berkarakter maka hendaknya dipahami terlebih dahulu hakekat guru yang akan dibentuk dan cara menanganinya. Guru pada hekekatnya bukanlah sekedar bertugas menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Guru memiliki tugas yang jauh lebih mulia yaitu mengembangkan aspek mental siswa sehingga menjadi manusia yang berbudipekerti luhur. Agar mencapai tujuan ini maka pelaksanaan pembelajaran diperguruan tinggi harus mempertimbangkan pula aspek pengembangan psikopedagogisnya. Optimalisasi aspek rohaniah mahasiswa dapat dilakukan dengan merujuk pada kemampuan (psikis) yang dimiliki manusia seperti yang dikemukakan oleh Bandura yang selanjutnya dikembangkan melalui proses pendidikan (pedagogis). Setiap jenis karakter yang diinginkan dikembangkan melalui pengintegrasian materi perkuliahan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Di samping itu seluruh civitas sebisa mungkin memberikan contoh, dan secara khusus dosen sendiri harus memberikan teladan bagi mahasiswa dalam keseharian pelaksanaan tugasnya. Ini adalah salah satu perspektif tugas yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen dalam membentuk calon guru yang bermoral, humanis, dan profesional.

Kata kunci: membentuk guru, psikopedagogis

 

BUILDING THE TEACHER MORAL, HUMANIST AND PROFESSIONAL THROUGH PSYCHO-PEDAGOGICAL

Abstract

The desire to realize the teacher’s character had long desired. Each period and institutions formulate in diverse terminology. Nowadays Yogyakarta State University want to produce teacher candidates who characterized moral, humane, and professional. In order to produce the prospective teachers it should be understood  the characteristics of the teachers that will be set up and how to handle it first. The tasks of teachers is not just delivering course material to students. Teachers have a much more noble tasks to develop the spiritual aspects of the student so that they were to be humans noble character. In order to achieve this goal the implementation of learning in college should also considers the development of psycho-paedagogis aspects. Optimizing the spiritual aspects of the student can be done by referring to the ability (psychic) of human beings as proposed by Bandura, it all further developed through the process of education (paedagogical). Each type of character developed by integrated in lecture material and implemented continually. In addition, the entire community of college may give an example, and particularly the lecturers themselves should set the example for the students in the daily execution of their duties. It is one of perspective tasks that must be implemented by each lecturer in shaping future teachers that characterized by moral, humane, and professional.

Keywords: shaping teacher, psycho-paedagogis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i2.12426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi



Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats