KETELADANAN DOSEN DAN INTEGRASI NILAI-NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN PSIKOLOGI OLAHRAGA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPATUHAN DAN KEJUJURAN MAHASISWA
Abstract
Di perguruan tinggi, dosen memegang peran sangat penting bagi kemajuan institusi dan pembentukan karakter mahasiswa. Namun, sudah bukan rahasia lagi banyak dosen mengabaikan tugas pokok mengajar. Bagi sebagian besar dosen, tugas mengajar telah dijadikan prioritas kedua. Di sisi lain Hatten, dkk (2001) menegaskan bahwa satu masalah utama dewasa ini adalah sangat sedikit pendidik yang mengajarkan perilaku etis terhadap peserta didik. Makalah hasil penelitian ini akan mengungkap sejauh mana keteladanan dosen dan penerapan nilai-nilai moral selama perkuliahan Psikologi Olahraga dapat meningkatkan karakter kepatuhan dan kejujuran mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kerangka Lesson Study. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara menyusun rancangan pembelajaran mata kuliah Psikologi Olahraga yang bermuatan nilai-nilai moral yang disampaikan dosen selama proses pembelajaran, dan keteladan dosen, yaitu prilaku disiplin datang tepat waktu setiap akan memberi kuliah atau mengajar. A teacher's integrity, or lack thereof, is observed by students.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan dosen dalam wujud selalu memberi contoh datang tepat waktu dalam mengajar mata kuliah Psikologi Olahraga dapat meningkatkan karakter kepatuhan mahasiswa, yaitu datang tepat waktu atau tidak terlambat dalam mengikuti perkuliahan. Begitu juga dosen yang menyelipkan nilai-nilai moral selama mengajar mata kuliah Psikologi Olahraga dapat memberi dampak terhadap terbentuknya karakter kejujuran mahasiswa, yaitu perilaku jujur atau tidak melakukan tindakan menyontek dalam ujian.
Kata kunci: dosen, keteladanan, karakter, kepatuhan, kejujuran, mahasiswa
THE LECTURER’S PATRONAGE AND THE INTEGRATION OF MORAL VALUES IN SPORT PSYCHOLOGY TEACHING AS A MEANS TO BUILD THE STUDENTS’ OBEDIENCE AND HONESTY
Abstract
This research aims to identify the impacts of lecturers’ patronage and the implementation of moral values in Sport Psychology subject on the obedience and honesty character of the students of PJKR Study Program, Faculty of Sports Science,Yogyakarta State University. To achieve the objective and provide clearer direction, this research was conducted based on the Lesson Study framework. The action to solve the problem was performed by developing Sport Psychology Lesson Plan containing moral values that the lecturer presented during teaching processes and the lecturers’ patronage through punctuality in coming to class and discipline in providing the lecture. The target of the action involved Class A Semester 5 students of PJKR Study Program attending the Sport Psychology subject. The result of this research indicates that the lecturers’ patronage in terms of providing examples, i.e. coming to class on time to teach the Sport Psychology subject, is able to improve the students’ obedience, i.e. coming to lecture on time or not late in attending the Sport Psychology subject. Moreover, the lecturer that integrates the moral values during the teaching of Sport Psychology subject is able to provide impact on the students’ honesty character, i.e. honest behavior or not cheating during examination.
Keywords: lecturer, patronage, character, obedience, honesty, studentsKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.12113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License