Pengembangan Quartet Mathematics Card pada Materi Geometri
Marhayati Marhayati, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Abdussakir Abdussakir, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Abstract
Quartet Mathematics Card (QUE-TARD) apat membantu siswa dalam memahami materi bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kartu kuartet matematika QUE-TARD yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development (RnD) dengan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran kartu kuartet matematika QUE-TARD yang diuji cobakan pada salah satu kelas di SMP Negeri 1 Pandaan. Proses pengembangan terdiri dari lima tahap yang dilakukan dalam mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet matematika QUE-TARD yaitu: Pertama, tahap analisis menunjukkan kurangnya media pembelajaran membuat siswa kurang tertarik dalam memahami materi matematika. Kedua, tahap desain yaitu Peneliti merancang bidang kajian dan komponen QUE-TARD. Ketiga, tahap pengembangan yang kemudian melalui proses validasi oleh ahli materi, pembelajaran, media, bahasa dan praktisi secara berturut-turut persentasenya yaitu 91%; 89%; 94%; 67%; 91%. Keempat, tahap implementasi yang menunjukkan tidak ada kendala dalam penggunaan media pembelajaran. Kelima, tahap evaluasi yang menunjukkan bahwa media pembelajaran QUE-TARD dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan proses tersebut dapat disimpulkan bahwa QUE-TARD layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi geometri.
Keywords
References
Acar, İ. G., & Övez, F. T. D. (2022). The effect of block-based game development activities on the geometry achievement, computational thinking skills and opinions of seventh-grade students. Journal of Educational Technology and Online Learning, 5(4), 1106–1121. https://doi.org/10.31681/jetol.1151170
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3). https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435
Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Arifin, A. M. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. 7(1), 59–73.
Aslamiyah, L., & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi. 6(3).
Asrawati, N., & Sulaiman, U. K. (2020). Comparison of Student Learning Outcomes Through The Application of Accelerated Learning Method with Conventional Methods in Mathematics Learning Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning dengan Metode Konvensional dala. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 183–191.
Asri, H. S. (2022). Perancang Aplikasi Game Cangkulan (Kartu Remi) Denganmenerapkan Kombinasi Algoritme Fisher Yatesshuffle Danlinear Congruent Method. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(1), 5–18. https://doi.org/10.47065/tin.v3i1.1700
Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fachrudin, A. D., & Juniati, D. (2023). Kinds of Mathematical Thinking Addressed in Geometry Research in Schools : A Systematic Review Macam-Macam Mathematical Thinking dalam Penelitian Geometri di Sekolah : A Systematic Review. 6(2), 154–164.
Ghani, A. A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Sesiomadika, 2(1E), 1286–1290.
Hamdani, R. (2003). Penggunaan Kombinatorial dan Probabilitas Pada Pengambilan Keputusan Pada Permainan Blackjack. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 1–5. https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2009-2010/Makalah0910/MakalahStrukdis0910-114.pdf
Handayani, U. F. (2023). Kemampuan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–17.
Hantoro, R. W., Hartini, S. H., Agungbudiprabowo, A. A., & Siswanti, R. S. (2022). Media Permainan Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMK. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 21. https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2539
Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V MI Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hiele, P. Van. (1999). Begin wit. Teaching Children Mathematics, 6(February 1999), 10–16.
Hikmah, F., & Niam, F. (2022). Pengembangan Kartu Kuartet (Kartet) Materi Wujud Benda untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata (Pada Siswa Kelas II SDI Ma’arif Tawangsari Garum ). Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(2), 74–88. https://doi.org/10.28926/pej.v2i2.103
Ismail, I., Uyuni Taufiq, A., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 236. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17084
Khabibah, S., & Prasetya, Y. E. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Kwartet Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Segitiga Dan Segiempat. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 95–101.
Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Pada Pembelajaran Matematika Siswa Smp. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 419–430. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3618
Lailia, N. (2020). Pengembangan Permainan Question Card Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(2), 61–68. https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.28237
Latifah, A. K., Idris, M., & Prasrihamni, M. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2 Dimensi Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 15 Gunung Megang. Journal on Education, 06(01), 2783–2799.
Lina Rihatul Hima, & Samidjo. (2019a). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16
Lina Rihatul Hima, & Samidjo. (2019b). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16
Luruk, D., Amsikan, S., & Siahaan, M. M. L. (2021). Analisis kemampuan siswa smp dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan taksanomi solo. Prosidning Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 9(September), 9–15.
Maharani, I., & Hidayah Putri, J. (2023). Relevansi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 353–361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719
Mariani, M. Y. S., & Setiawati, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Kuartet ASEAN pada Muatan Pembelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 90–97. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.348
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck. https://doi.org/10.31219/Osf.Io/D6Wck
Munawwaroh, D. A., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Getricard Dalam Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 10(6), 1319–1329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47255
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02).
Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Keaktifan Belajar Siswa. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 128. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9629
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi Module development based on science process skills as teaching materials in biological learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–87.
Putri, A. N. A. Z. A., Listyarini, I., & Suyitno. (2023). Pengembangan Kartu Detik (Domino Matematika) Materi PenjumlahanDi Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Sosial Science Reserch, 3, 14478–14486.
Rahmatin, R. dan, & Siti Khabibah. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5).
Rahmi, S. N., & Yogica, R. (2021). Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 399. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38995
Renanda, A., Qohar, A., & Chandra, T. D. (2023). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114
Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2706
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Susilo, S., Saragih, A. H., & Siagian, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Kelas Vi Sd/Mi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2), 175. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31387
Tutriani, N., Apriani, F., & Vebrian, R. (2023). Pengembangan Permainan Kartu Uno pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Positif. Journal on Education, 5(2), 5460–5472. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1297
Ummah, K. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Reading, Questioning, And Answering (RQA) Materi Virus Kelas X. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 19–25. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15264
Van Hiele, M. P. (1985). Structure and Insight: A Theory of Mathematics Education.
Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 1, 72–75.
Widiartha, I. M. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(2), 193–199.
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Yong, B. (2016). Matematika Rekreasi Melalui Permainan Kartu. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 31. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1376
Yudhawati, U. (2018). Rekreasi Matematika Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Jam Terakhir. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 5(1), 24–31. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/815
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.78842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: