Pengembangan Bahan Ajar (E-Book) Kimia Berbasis CTL-PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa

Fauziah Fauziah, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Retno Dwi Suyanti, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Ramlan Silaban, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar (e-book) kimia berbasis CTL-PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi sains kimia dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kelayakan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan dengan pendekatan one-sample t-test dan pendekatan MANOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar (e-book) kimia SMA/MA berbasis CTL-PBL pada materi larutan asam basa telah dinyatakan layak, merujuk pada standar kelayakan bahan ajar menurut standar BSNP. Penerapan bahan ajar yang dihasilkan dinilai praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains kimia dan kemampuan berpikir kritis siswa, berdasarkan hasil pengujian One-Sample T-Test (p = 0,000) dan MANOVA satu jalur (p = 0,000). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar (e-book) kimia berbasis CTL-PBL pada materi larutan asam basa telah dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains kimia dan kemampuan berpikir kritis siswa.

 


References


Asma, Z., & Muchlis. (2018). Pengembangan LKPD Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Aspek Sikap pada Materi Laju Reaksi bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 208–216.

Ayirahma, R. M., & Muchlis. (2023). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683.

Cahyuningsih, I., Nulhakim, L., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Power Point Interaktif Menggunakan Pendekatan CTL Tema Sungaiku Tercemar dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 989–997.

Darwis, D., Latif, M., & Rahman, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Blended-Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesrta Didik pada Materi Asam dan Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(2), 79–87.

Gabriella, N., & Mitarlis. (2021). Pengembangan LKP Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Beripikir Kritis Pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 103–112.

Herianto, I. Z., & Indana, S. (2020). Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 26–32.

Hidayanti, N., Supratman, & Noviati, W. (2023). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan, 8(1), 212–220.

Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33.

Marpaung, C. P., & Suyanti, R. D. (2023). Improving HOTS Literacy Using the PjBL Model with Crossword Puzzle Media on Reaction Rate Materials. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 5(1), 62–73.

Nasution, A. A., Suyanti, R. D., & Lubis, W. (2023). The Influence of Learning Models and Learning Styles on Students’ Science Literacy in Primary School. Randwick International of Education and Linguistics Science (RIELS) Journal, 4(2), 388–397.

Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(3), 360–366.

Purba, J., Situmorang, M., & Silaban, R. (2019). The Development and Implementation of Innovative Learning Resource with Guided Projects for the Teaching of Carboxylic Acid Topic. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research, 53(4), 603–612.

Purnami, W., Sarwanto, S., Suranto, S., Suyanti, R. D., & Mocerino, M. (2021). Investigation of Science Technology Ecocultural Society (STEcS) Model to Enhance Eco Critical Thinking Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(2), 77–85.

Putri, T. R., & Indarini, E. (2023). Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Educatio, 9(3), 1220–1227.

Raenovta, V., & Suyanti, R. D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Laju Reaksi. Prosiding Semnaskim Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan, 34–41.

Rahmawati, S. M., Sutarni, N., Rasto, & Muhammad, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Contextual Teaching and Learning: Quasi-Eksperimen. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 969–976.

Samawati, Z., & Rahayu, Y. S. (2021). Profil Validitas dan Kepraktisan E-LKPD Tipe Flipbook berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 385–396.

Setyasih, B. R., Rusdi, & Ristanto, R. H. (2022). Studi Meta Analisis: Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 93–102.

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Sitompul, S. M., Simarmata, P. R. S., & Silaban, I. Y. (2019). Pengembangan Pembelajaran Kimia Larutan Berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa di Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 1(2), 100–106.

Silaban, R., & Sianturi, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 3(2), 191–200.

Suryaningsih, E. I. (2023). Pengembangan Buku Ajar Kimia Koloid Model Problem Based Learning Guna Mengoptimalkan Higher Order Thinking Skill Terintegrasi Green Chemistry. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 186–205.

Sutiani, A., Zainuddin, Darmana, A., & Panggabean, F. T. M. (2020). The Development of Teaching Material Based on Science Literacy In Thermochemical Topic. Journal of Physics: Conference Series 1462, 1–6.

Suyanti, R. D., & Purba, D. M. (2017). The Implementation of Discovery Learning Model Based on Lesson Study to Increase Student’s Achievement in Colloid. International Conference on Chemistry, Chemical Process and Engineering (IC3PE), 1–8.

Suyanti, R. D., Purba, D. N., & Juwitaningsih, T. (2021). Analysis of Problem Based Learning Colaborative on Critical Thinking Ability. Journal of Mathematics and Natural Sciences, 1(1), 21–24.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.75195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo