Pengaruh Penyediaan Bacaan Berbentuk Refutation Text untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Konsep Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pontianak

Firman Shantya Budi, Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Hairida Hairida, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia
Rini Muharini, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas remediasi menggunakan bacaan berbentuk refutation text untuk mereduksi miskonsepsi siswa tentang konsep asam basa di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pontianak tahun ajaran 2010/2011. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Pre-Eksperimental Design) dengan rancangan One-Group Pre-Test Post-test. Data diambil dari seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 114 siswa dengan teknik sampling jenuh. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa pilihan ganda dengan tiga alternatif jawaban dan tiga alternatif alasan yang terdiri atas 10 butir soal. Berdasarkan analisis data, terjadi penurunan rata-rata persentase miskonsepsi siswa untuk ketiga kelas yaitu 31,7% (XI IPA1), 43,7% (XI IPA2), dan 35,9% (XI IPA3). Rata-rata penurunan persentase miskonsepsi siswa tersebut tersebar pada 10 konsep. Perubahan konseptual dianalisis dengan menggunakan uji statistik Mc Nemar (db=1, α=5%) dan uji Binomial (α=1%). Terdapat penurunan miskonsepsi siswa secara signifikan sebanyak 5 konsep (XI IPA1) dan 7 konsep (XI IPA2 dan XI IPA3) setelah remediasi. Nilai effect size diperoleh sebesar 2,03 (XI IPA1), 4,74 (XI IPA2), dan 3,17 (XI IPA3) sehingga remediasi memberikan kontribusi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 47,88% (XI IPA1), 50% (XI IPA2), dan 49,92% (XI IPA3). Remediasi miskonsepsi siswa menggunakan bacaan berbentuk refutation text, efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep asam basa.

Kata kunci: efektifitas, remediasi, miskonsepsi, refutation text, konsep asam basa


Keywords


efektifitas; remediasi; miskonsepsi; refutation text; konsep asam basa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo