PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI MELALUI VIDEO TIK TOK

Sinta Rahma Wati, Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, Indonesia
Achmad Ali Fikri, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui prosedur dan menganalisis kualitas pengembangan  media pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Bioteknoligi video Tik Tok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang didasarkan pada data lapangan yang telah dikumpulkan. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap respon dan tingkat kepahamanan siswa terhadap materi Bioteknologi sebelum dan setelah menonton kumpulan video pembelajaran materi tersebut melalui aplikasi Tik Tok. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan angket yang mengukur terhadap respon tingkat kepahamanan siswa terhadap materi Bioteknologi sebelum dan sesudah menonton video Tik Tok.



Keywords


media pembelajaran, materi Bioteknologi, aplikasi Tik Tok

Full Text:

PDF

References


Adhi, S. (2021). 2021 TikTok Menggenggam Dunia | Narasi Newsroom. https://youtu.be/LvDX2vHUtnA

Adminlp2m. (2022). MENGENAL METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL 4D. Lp2M, Universitas Medan Area. https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/

Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.

Priyono, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2012). Pengembangan media pembelajaran edu-game adventure pada standar kompetensi menginstalasi pc di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 1–11.

Purwianingsih, Widi Rustaman, Nuryani Y Redjeki, S. (2009). Identifikasi Kesulitan Pembelajaran Bioteknologi pada Guru SLTA se Jawa Barat. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196209211991012-WIDI_PURWIANINGSIH/MAKALAH_dan_ARTIKEL/makalah_&_abstrak_semnas_widix.pdf

Sari, N., S., Farida, N., dan Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11–23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (25th ed.). Alfabeta,cv.

Watson, J., & Crick, F. (n.d.). Research and development ; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.50971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sinta rahma wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo