Pengembangan Buku Siswa melalui Lesson Study dengan menggunakan Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran IPA Terpadu yang Bermakna.

Geterudis Kerans, STKIP Weetebula, Indonesia
Khristoforus Palli Ngongo, STKIP Weetebula, Indonesia

Abstract


Virus Corona telah menjadi Pandemi dan membawa dampak yang besar di berbagai bidang kehidupan termasuk di bidang Pendidikan. Banyak kebijakan yang diambil dalam bidang pendidikan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar seperti blended learning atau bahkan full online. Terdapat berbagai dampak yang muncul dari setiap kebijakan yang diambil antara lain 1) adanya pemotongan jam mengajar untuk setiap mata pelajaran, 2) tidak tercapainya tujuan dan penilaian akhir yang hendak dicapai dalam kurikulum 2013 3) selama KBM guru hanya menekankan pada penyelesaian materi pelajaran dan menyampingkan pendidikan karakter dan keterampilan 4) siswa yang tidak KBM hanya mendapatkan tugas berupa soal dan dikumpulkan tanpa pembahasan. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu alat seprti buku siswa yang mampu membantu para siswa untuk memahami materi namun juga mengasah keterampilannya. Rumusan masalah yang ingin diteliti adalah 1) Apakah buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL valid dan dapat digunakan? dan 2) Apakah Buku Siswa yang disusun melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dapat terbaca dengan baik oleh siswa kelas 7 SMP? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) menghasilkan buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL yang valid dan dapat digunakan dan 2) Buku Siswa yang disusun melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dapat terbaca dengan baik oleh siswa kelas 7 SMP.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (Education Research and Development), yaitu mengembangkan Buku Siswa untuk Mata Pelajaran IPA terpadu melalui Lesson Study dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan mengikuti prosedur pengembangan pembelajaran menurut Plom dan dipadukan dengan 3 tahapan langkah dalam Lesson Study yaitu tahapan Plan yang mencakup fase pengembangan preliminary investigation, tahapan do yang mencakup fase pengembangan design and realization dan tahapan see yang mencakup fase pengembangan test, evaluation and revition. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa secara deskriptif untuk menganalisis aspek validitas dan keterbacaannya. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi ahli buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL Valid dan dapat digunakan. Hasil Uji keterbacaan oleh siswa kelas 7 SMP juga menunjukan hasil yang sangat baik dan hasil ini menunjukan bahwa buku ini layak digunakan.

Keywords


Buku Siswa, Lesson Study, Project Based Learning, IPA Terpadu

Full Text:

PDF

References


Anis W. S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10 (1), http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/index.

Asep N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri Penengahan Lampung Selatan. Bioedukasi, Jurnal Pendidikan Biologi, 8 (1). http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i1.832.

Ausubel, D.P. (2000). The Acquisition and Retention of Knowledge: A cognitive View. Dordrecht: Springer Science+Busines Media B.V.

Baron, K. (2011). Six steps for planning a successful project. Retrieved on March

, 2011, from www.edutopia.org/maine-project-learning-six-stepsplanning.

Cole, J. E, & Washburn-Moses, L. H. (2010). Going beyond “the math wars”. A

special educator’s guide to understanding and assisting with inquiry-based

teaching in mathematics. Teaching Exceptional Children, 42 (4), 14-21. https://doi.org/10.1177%2F004005991004200402.

Kerans, G. & Khristoforus P. N.. (2021). Development of Integrated Science Learning through Lesson Studies Using A Problem-Based Learning Model. Proceedings The 3rd International Conference on Elementary Education, 3 (1), 89-99.

Kinasih, A., Sunarno, W., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Fisika dengan

Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Inkuiri, 7 (1), 29-38. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19782.

Kurniasih & Sani. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Laurel D.Puchner and Ann R.Taylor. (2006). efficacy: Stories from two school-based math lesson study groups. Teaching and Teacher Education, 22, 922-934. https://doi.org/10.1016/j.tate.2006.04.011.

Margaretha N.I., & Sumadi. (2019). Pengembangan Buku Siswa dan Buku Petunjuk Guru Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah dengan Setting 5 E. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6 (1). http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/.

Maria, L.F. (2010). Investigating how and what prospective teachers learn through microteaching lesson study. Teaching and Teacher Education, 26, 351-362. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.09.012.

Ngalimun. (2012) Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah

Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: jdih. kemdikbud.go.id.

Purwanto, M Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, P. Mulyani, S. and Miswadi, S.S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui Lesson StudyJurnal Pendidikan IPA Indonesia. 63-70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2015/2129.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Boston: Pearson Education.

Septi, Indra S., Desy H. P. (2019). Pengembangan Modul Fisika dengan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Kumparan Fisika, 2 (3), 129-136. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wigga Okta. (2020). 7 Pesan Mendikbud soal belajar dari Covid-19. Radio Suara Pendidikan; https://suarapendidikan.com/7-pesan-mendikbud-soal-belajar-dari-covid-19. Diakses 19 Oktober 2020.

Yumiko Ono and Johanna Ferreira . (2010). A case study of continuing teacher professional development through lesson study in South Africa. South African Journal of Education, 30, 59-74. https://www.ajol.info/index.php/saje/article/view/52602.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Geterudis Kerans, Khristoforus Palli Ngongo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo