PERANAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X
Ismail Djakaria, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Franky Alfrits Oroh, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo semester genap tahun 2021, pada materi trigonometri. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test control group design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan uji two way anova, dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel penelitian, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 8 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji two way ANOVA dengan bantuan SPSS v.25 diperoleh nilai signifikansi hitung = 0,000 < taraf signifikansi = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka dari Buku
Abdullah, S.R. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara (E-book)
Pahrudi, A., & Pratiwi, D.D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Proses Pembelajaran. Lampung : Pustaka Ali Imran (E-Book)
Daftar Pustaka dari Jurnal
Adam, S., & Syastra, M.Y. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi bagi siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3(2). 78-90
Ariani, S., Hartono, Y., Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri Indralaya Utara. Jurnal Elemen. 3(1)
Fauziah, R., dkk. (2013). Pembelajaraan Saintifik elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC Innovation Of Vocational Tecnology Education. 9(2)
Irfan, A. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SD Berdasarkan Adversity Quotient. APOTEMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 4(2)
Jampel, N., & Puspita, K.R. (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekalah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal Of Elementary Education. Vol. 1(3). 197-102
Nuralam & Eliyana. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 18(1)
Partasaya, W., Suharta, I.G.P., & Suparta, I.N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat. JNPM(Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1). 168-179.
Syaribuddin, Khaldun, I., Musri. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta didik SMA Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Internasional Indonesia. 4(2). 96 – 105
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.46154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurjana Namko Ladjali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: