Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi pada Matematika SMP Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Muhammad Ali Rosyidin, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen yang melatih berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran matematika SMP materi bangun ruang sisi datar yang valid dan reliabel serta memiliki daya pembeda, dan tingkat kesukaran yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang diadaptasi dari tipe yang dikembangkan oleh Tessmer yaitu formative research yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap preliminary, tahap self-evaluation, tahap prototyping, dan tahap field test. Hasil penelitian menunjukkan instumen asesmen berupa soal tes yang terdiri dari empat butir soal uraian dari aspek kejelasan, ketepatan isi, relevansi dan ketepatan bahasa dinyatakan valid dan layak digunakan. Instrumen tersebut mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,7901 sehingga memenuhi kriteria reliabel, rata-rata tingkat kesukaran 0,5 pada kategori sedang dan rata-rata daya pembeda 0,5 pada kategori baik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide dalam membuat atau mengembangkan soal yang berkualitas serta menjadi bahan informasi yang bermanfaat.


Keywords


bangun ruang sisi datar, berpikir tingkat tinggi, instrumen asesmen, matematika

Full Text:

PDF

References


Abdulfattah, A., & Putranta, H. (2020). The development of mobile learning-assisted local culture-based subject specific pedagogy in realizing the learning outcomes of physics subject. In International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019) (pp. 71-78). Atlantis Press.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225-233.

Astuti, S. (2016). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 117-126.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47.

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119-123.

Fitriani, N. (2021). Analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal pelatihan kewaspadaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199-205.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), 47-56.

Irawati, T. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi bilangan bulat. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 67-73.

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (HOTS) matematika di SMP kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886-897.

Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perkembangan pembelajaran matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466-473.

Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (higher order thinking) dalam menyelesaikan soal konsep optika melalui model problem-based learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119-126.

Purba, S. C. (2020). Kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) di SMP Negeri 7 Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 324-334.

Putranta, H., & Wiyatmo, Y. (2018). Development of student worksheet based curious note program (CNP) learning model to improve science process skills of senior high school students grade XI in chapter equilibrium and rotational dynamics. International Journal of Current Research, 3(3), 67000-67005.

Putranta, H., Kuswanto, H., Hajaroh, M., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Strategies of physics learning based on traditional games in senior high schools during the Covid-19 pandemic. Revista Mexicana de Física E, 19(1), 1-7.

Risnasari, M. (2020). Implementasi algoritma fuzzy dalam computerized adaptive test (CAT) berdasarkan taraf kesukaran soal. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 5(1), 48-53.

Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan soal penalaran model TIMSS matematika SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230-240.

Winarti, Ambaryani, S. E., & Putranta, H. (2022). Improving learners' metacognitive skills with self-regulated learning based problem-solving. International Journal of Instruction, 15(2), 139-154.

Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274-293.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan adobe flash pro cs6 pada materi luas bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67-80.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Solihin, A. (2022). Penerapan supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kemampuan guru menyusun penilaian pembelajaran. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 77-87.

Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam membuat e-learning sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 332-337.

Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS berbasis model eliciting activities untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39-55.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.

Yuliatun, T., Jumadi, Istiyono, E., Suyanta, & Putranta, H. (2020). Development of physics-two tier test based on jumanji game to measure conceptual understanding of work and energy. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 388-3895.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.41129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ali Rosyidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo