Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang
Abdur Rahman As’ari, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
I Made Sulandra, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kesalahan VIII SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162.
Anggraini, R. R. D., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 31-41.
Anwar, R. B., Yuwono, I., As’ari, A. R., & Rahmawati, D. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002-2008.
Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi indikator pemahaman konsep matematika dan keterampilan metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048-2056.
Bahar, E. E., Rahman, A., & Minggi, I. (2012). Analisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi di satu titik (Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM). Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 181-190.
Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. London: HM Stationery Office.
Depdiknas. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Fauziah, L. U., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran logis dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 15-17.
Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What mathematics education may prepare students for the society of the future?. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 105-123.
Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.
Harvey, S., & Goudvis, A. (2007). Strategies that work: Teaching comprehension for understanding and engagement. Stenhouse Publishers.
Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-100.
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11-18.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 12-22.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 92-102.
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian membaca soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179-188.
Marlina, L. (2013). Penerapanlangkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 45-54.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 18-23.
Nurhayati, N. (2013). Penerapan langkah-langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 9-16.
Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakıroğlu, A. (2015). Evaluation of students’ mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113-132.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34-44.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.
Qomariah, N. (2016). Profil pemahaman siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.
Rianti, R. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 802-812.
Ruswana, A. M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 91-99.
Sari, P., Bennu, S., & Mallo, B. (2014). Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi luas permukaan dan volume limas di SMP Negeri 19 Palu. Aksioma, 3(2), 156-169.
Sukaesih, E. S., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. D. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual ditinjau dari komunikasi matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310-320.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Umam, K. (2015). Pemahaman siswa dalam pemechan masalah matematika berdasarkan gaya belajar divergen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1) 2477-3581
Widyasari, T. (2018). Pemahaman siswa dalam pemecahan masalah matematika. Cendikia, 2(1), 77-91.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: