Internalisasi Scientific Attitude Mahasiswa Pada Praktikum Fisika Dasar I Melalui Implementasi Inductive Teaching Methods

Sabar Nurohman, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Suharyanto Suharyanto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Inductive Teaching Methods pada mata kuliah praktikum Fisika Dasar I dapat meningkatkan internalisasi Scientific Attitude mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Melalui PTK ini, diharapkan ditemukan suatu skenario pembelajaran Inductive Teaching Methods yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan internalisasi scientific attitude mahasiswa. Setelah dilakukan dua siklus tindakan kelas diketahui bahwa (1) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II telah berhasil menginternalisasikan aspek scientific attitude mahasiswa, hal ini ditandai dengan perolehan nilai indikator scientific attitude hingga pada taraf 66%, (2) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II terdiri dari langkah-langkah (a) asisten mengungkapkan permasalahan eksperimen, (b) mahasiswa melakukan kajian teori, (c) mahasiswa merumuskan hipotesis, (d) mahasiswa merancang percobaan, (e) dosen melakukan uji pemahaman konsep, (f) mahasiswa melakukan percobaan, (g) Mahasiswa membuat laporan sementara, (h) dosen meminta mahasiswa untuk membuat grafik hubungan antar- variabel percobaan.

Kata kunci: inductive teaching methods, scientific attitude


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo