Pengaruh STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menguasai Materi Fisika Sekolah

Parno Parno, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan mahasiswa pada pokok-pokok fisika sekolah. Untuk mencapai tujuan ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD). Penelitian true experimental ini dilaksanakan pada semester I 2008/2009 menggu-nakan rancangan randomized control group pre-test post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model STAD, sedangkan kelas kontrol pembelajaran yang menggunakan peta konsep dan model pemecahan masalah, sesuai model pembelajaran tahun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD dapat meningkatkan penguasaan pokok-pokok fisika sekolah mahasiswa dengan <g>=0,51 kategori medium untuk kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada <g>=0,42 kategori medium untuk kelas kontrol. Mahasiswa kelas eksperimen tampak memiliki motivasi belajar tinggi. Agar didapatkan peningkatan penguasaan pokok-pokok fisika sekolah mahasiswa yang lebih tinggi lagi. disarankan pembelajaran matakuliah fisika sekolah menggunakan peta konsep dan model STAD yang merupakan gabungan perlakuan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata kunci: STAD, pokok-pokok fisika sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo