Pengembangan E-modul Berbasis Kontekstual pada Materi Logika Matematika Kelas XI SMK
Nur Izzati, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kontekstual pada materi logika matematika kelas XI SMK. Penelitian yang diterapakan merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI PBS 2 SMK Negeri 1 Tanjungpinang berjumlah 35 orang pada tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data melalui teknik validasi dan lembar angket. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon pendidik, dan peserta didik. Data penelitian dianalisis menggunakan Method of Sumated Ratings (MSR) yang kemudian diubah kebentuk persen untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan e-modul logika matematika yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul berbasis kontekstual berada pada kriteria valid dengan hasil validasi ahli media yaitu 75%, ahli materi 80%, dan kriteria praktis berdasarkan angket respon pendidik dengan dengan hasil 82% sedangkan respon peserta didik dengan hasil 88,88%. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah bahwa e-modul yang dikembangkan berada pada kategori valid dan kategori praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan e-modul berbantuan Sigil software dengan pendekatan saitifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 61-71.
Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis problem solving pada materi vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249-258.
Colvard, N. B., Watson, C. E., & Park, H. (2018). The impact of open educational resources on various student success metrics. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 30(2), 262-276.
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis RME materi aljabar kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217-226.
Istiqlal, M., & Wutsqa, D. U. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika SMA untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika materi logika matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 44-54
Mahalakshmi, P., & Krishnan, M. (2012). Development and evaluation of an e-learning module for aquaculture development through ICT projects: ADDIE model. Fishery Technology, 49(1), 72-77.
Pombo, L., Smith, M., Abelha, M., Caixinha, H., & Costa, N. (2012). Evaluating an online e-module for Portuguese primary teachers: trainees’ perceptions. Technology, Pedagogy and Education, 21(1), 21-36.
Retnowati, E., Ayres, P., & Sweller, J. (2010). Worked example effects in individual and group work settings. Educational Psychology, 30(3), 349-367.
Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development of e-modules based on local wisdom in central learning model at kindergartens in Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137-1143.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Sage.
Wang, Y. C., & Chiou, S. C. (2018). An analysis of the sustainable development of environmental education provided by museums. Sustainability, 10(11), 4054-1063.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: