Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita

Hujjatul Muslimah, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Heni Pujiastuti, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi matematis siswa. Subjek penelitian yaitu 30 orang siswa kelas XI di SMP Islam Al Azhar 27 Cilegon yang digolongkan pada tingkat kemampuan matematika. Penggolongan tingkat kemampuan matematika siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian matematika berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, tes, dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis berjumlah 6 soal yang mengacu pada indikator kemampuan literasi matematis PISA. Hasil tes menunjukkan siswa dalam kelompok kemampuan matematika rendah (S1) berada pada level 2 kemampuan literasi matematis. Selanjutnya siswa dalam kelompok kemampuan matematika sedang (S2) berada pada level 3 kemampuan literasi matematis. Sedangkan siswa dalam kelompok kemampuan matematika tinggi (S3) berada pada level 4 kemampuan literasi matematis, yang artinya masih pada taraf menengah. Berdasarkan tes kemampuan literasi yang telah dilakukan, terlihat bahwa semakin tinggi kategori kelompok siswa semakin tinggi pula kecenderungan menjawab soal dengan benar. Sebaliknya, semakin tinggi kategori kelompok siswa semakin rendah kecenderungan menjawab soal benar.


Keywords


kemampuan kognitif; literasi matematis; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Atsnan, M. F., Gazali, R. Y., & Nareki, M. L. (2018). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 135-146.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The struggle of Indonesian students in the context of TIMSS and PISA has not ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393-406.

Johar, R. (2012). Domain soal PISA untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30-36.

Keller, B. A., Hart, E. W., & Martin, W. G. (2001). Illuminating NCTM's principles and standards for school mathematics. School Science and Mathematics, 101(6), 292-304.

Larasaty, B. M., Mustiani, M., & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta melalui pendekatan pmri berbasis PISA pada materi pokok SPLDV. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Niss, M. (2015). Mathematical competencies and PISA. In Assessing mathematical literacy (pp. 35-55). Springer, Cham.

Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 331-348.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 5(1), 67-76.

Rifai, R., & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 152-162.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8). Universitas Negeri Yogyakarta.

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 95-126.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo