Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas IX SMP
Gusmelia Testiana, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
Ambarsari Kusuma Wardani, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis komputer pada materi grafik fungsi kuadrat yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode development research dengan dua tahapan, yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis komputer pada materi grafik fungsi kuadrat tergolong valid berdasarkan lembar validasi dan komentar ahli sedangkan praktis berdasarkan angket peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aniswari, F. V. L., & Purnamasari, L. D. (2018). Pemanfaatan program Geogebra untuk mengembangkan kemampuan pengajuan hipotesis siswa SMA/K pada topik sifat-sifat grafik fungsi kuadrat. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Fatchan, M. (2018). Perancangan aplikasi media pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis Adobe Flash Professional CS6. Jurnal SIGMA, 8(1), 43-51.
Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan penalaran kreatif matematis siswa sma dalam pembelajaran argument driven inquiry pada materi turunan fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.
Kintoko, K., & Sujadi, I. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan lectora authoring tools pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(2), 167-178.
Ningrum, I. E., & Suparman, S. (2018). Analisis kebutuhan bahan ajar matematika berpendekatan kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.
Putra, I. N. A. S., & Saputra, I. P. A. (2017). Perancangan media informasi program studi teknik informatika dan sistem komputer pada STMIK STIKOM Indonesia berbasis animasi 2D. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 17-24.
Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan bahan ajar program linear berbasis kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. Psychology Press.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 7-14.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.29951
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: