Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.29951Keywords:
bahan ajar, fungsi kuadrat, penelitian pengembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis komputer pada materi grafik fungsi kuadrat yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode development research dengan dua tahapan, yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis komputer pada materi grafik fungsi kuadrat tergolong valid berdasarkan lembar validasi dan komentar ahli sedangkan praktis berdasarkan angket peserta didik.
References
Aniswari, F. V. L., & Purnamasari, L. D. (2018). Pemanfaatan program Geogebra untuk mengembangkan kemampuan pengajuan hipotesis siswa SMA/K pada topik sifat-sifat grafik fungsi kuadrat. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Fatchan, M. (2018). Perancangan aplikasi media pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis Adobe Flash Professional CS6. Jurnal SIGMA, 8(1), 43-51.
Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan penalaran kreatif matematis siswa sma dalam pembelajaran argument driven inquiry pada materi turunan fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.
Kintoko, K., & Sujadi, I. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan lectora authoring tools pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(2), 167-178.
Ningrum, I. E., & Suparman, S. (2018). Analisis kebutuhan bahan ajar matematika berpendekatan kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.
Putra, I. N. A. S., & Saputra, I. P. A. (2017). Perancangan media informasi program studi teknik informatika dan sistem komputer pada STMIK STIKOM Indonesia berbasis animasi 2D. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 17-24.
Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan bahan ajar program linear berbasis kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. Psychology Press.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 7-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.