Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Setting Model Pembelajaran Treffinger

Laili Khairiah, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia
Zubaidah Amir, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia

Abstract


Pada era globalisasi saat ini kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah menjadi tuntutan dalam pendidikan matematika untuk menghasilkan ide dan solusi baru sehingga masalah dapat dipecahkan dengan tepat. Kajian teori ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika yang dapat merealisasikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model Treffinger yang dimaksud pada penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger adalah model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, menemukan konsep-konsep pembelajaran sehingga tidak ada lagi konsep hafalan tetapi lebih kepada membantu siswa berpikir kreatif. Pembelajaran ini memberikan keleluasaan untuk berkreativitas menyelesaikan permasalahan sendiri dengan cara-cara yang ia kehendaki.Tugas guru adalah membimbing siswa agar arah-arah yang ditempuh oleh siswa ini tidak keluar dari permasalahan.

Pada era globalisasi saat ini kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah menjadi tuntutan dalam pendidikan matematika untuk menghasilkan ide dan solusi baru sehingga masalah dapat dipecahkan dengan tepat. Kajian teori ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika yang dapat merealisasikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model Treffinger yang dimaksud pada penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger adalah model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, menemukan konsep-konsep pembelajaran sehingga tidak ada lagi konsep hafalan tetapi lebih kepada membantu siswa berpikir kreatif. Pembelajaran ini memberikan keleluasaan untuk berkreativitas menyelesaikan permasalahan sendiri dengan cara-cara yang ia kehendaki.Tugas guru adalah membimbing siswa agar arah-arah yang ditempuh oleh siswa ini tidak keluar dari permasalahan.


Keywords


kemampuan berpikir kreatif matematis, pemecahan masalah, Treffinger

Full Text:

PDF

References


Asif, M., Qing, M., Hwang, J., & Shi, H. (2019). Ethical leadership, affective commitment, work engagement, and creativity: Testing a multiple mediation approach. Sustainability, 11(16), 4489-4496.

Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U. K. A. (2018). Integrating STEM education approach in enhancing higher order thinking skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(7), 810-821.

Conner, T. S., DeYoung, C. G., & Silvia, P. J. (2018). Everyday creative activity as a path to flourishing. The Journal of Positive Psychology, 13(2), 181-189.

Dai, D. Y. (2020). Rethinking human potential from a talent development perspective. Journal for the Education of the Gifted, 43(1), 19-37.

Fikriya, A., Waluya, S. B., & Sunarmi, S. (2018). The analysis of adaptive reasoning ability reviewed from students’ confidence in ethnomathematic-based treffinger learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 100-107.

Gaut, B. (2010). The philosophy of creativity. Philosophy Compass, 5(12), 1034-1046.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, serta self-esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.

Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). Design thinking: A creative approach to educational problems of practice. Thinking skills and Creativity, 26(1), 140-153.

Kadir, L., & Satriawati, G. (2017). The implementation of open-inquiry approach to improve students’ learning activities, responses, and mathematical creative thinking skills. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103-114.

Klaus, P., Rohman, J., & Hamaker, M. (2009). The hard truth about soft skills. HarperCollins.

Leasa, M., Batlolona, J. R., & Talakua, M. (2021). Elementary students’ creative thinking skills in science in the Maluku Islands, Indonesia. Creativity Studies, 14(1), 74-89.

Masitoh, L. F. (2019). The effectiveness of problem-based learning (PBL) approach viewed from the students’ mathematical creative thinking ability. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 47-52.

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger creative learning model with RME principles on creative thinking skill by considering numerical ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731-744.

Nufus, H., & Duskri, M. (2018). Mathematical creative thinking and student self-confidence in the challenge-based learning approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(2), 57-68.

Nuhoglu, H., & Akgül, S. (2019). Analysis of the relation between creativity level and problem solving skills of gifted and talented students. Educational Research and Reviews, 14(15), 518-532.

Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39-43.

Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Fauzi, A. (2017). Developing learning model based on local culture and instrument for mathematical higher order thinking ability. International Education Studies, 10(06), 114-122.

Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2016). Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 17-25.

Schoevers, E. M., Leseman, P. P., Slot, E. M., Bakker, A., Keijzer, R., & Kroesbergen, E. H. (2019). Promoting pupils’ creative thinking in primary school mathematics: A case study. Thinking Skills and Creativity, 31(1), 323-334.

Sitorus, J. (2016). Students’ creative thinking process stages: Implementation of realistic mathematics education. Thinking Skills and Creativity, 22(1), 111-120.

Surya, E., & Putri, F. A. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Wahyuddin, W. (2017). Headmaster leadership and teacher competence in increasing student achievement in school. International Education Studies, 10(3), 215-226.

Wilder, J., & Cain, C. (2011). Teaching and learning color consciousness in Black families: Exploring family processes and women’s experiences with colorism. Journal of Family Issues, 32(5), 577-604.

Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through differentiated science inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77-91.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo