Analisis Hubungan Hasil Belajar Siswa terhadap Karakter “Menghargai Prestasi” di SMPN 5 Muaro Jambi

Vetty Milyani, Universitas Jambi, Indonesia
Wenny Sutomo, SMPN 8 Batanghari, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara hasil belajar siswa terhadap angket karakter “menghargai prestasi” di SMPN 5 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Muaro Jambi, dengan sampel yaitu kelas VIII A dan VIII E sebanyak 45 responden. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan angket karakter siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis parametrik, yaitu dengan melakukan uji asumsi atau uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas serta melakukan uji hipotesis berupa uji korelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara angket karakter siswa dengan hasil belajar siswa, baik itu kelas VIII A atau kelas VIII E. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig < 0,05. Oleh karena kedua variabel memiliki korelasi, maka Ha diterima.


Keywords


angket karakter siswa; hasil belajar siswa; hipotesis; korelasi

Full Text:

PDF

References


Anisabellah. (2017). Pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Astalini., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap terhadap mata pelajaran IPA di SMP se-kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan, 21(2), 214-227.

Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Erviani, F. R., Sutarto., & Indrawati. (2016). Model pembelajaran instruction, doing, dan evaluating (MPIDE) disertasi resume dan video fenomena alam dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53-59.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagai mahasiswa pendidikan seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 16-28.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Hardiyanti, K., Astalini., & Kurniawan, D.A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1-12.

Muhidin, A. (2017). Statistika pendidikan: pendekatan berbasis kinerja. UNPAM Press.

Putra, N. A. A. (2012). Hubungan karakter siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 29-39.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Deepublish.

Rusmawati. (2016). Meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik melalui strategi pembelajaran discovery terbimmbing kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.

Siswadi., Susilawati., & Hikmawati. (2018). Pengaruh pendekatan VAK (visualization, auditory, kinestetic) terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 10 Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(1), 30-34.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdikarya.

Sulastri., Imran., & Firmansyah, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo