Analisis Profil Kesiapan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Nasional Matematika di Kabupaten Temanggung
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta. Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281, Indonesia., Indonesia
Abstract
Ujian Nasional (UN) merupakan bentuk evaluasi pendidikan di Indonesia yang dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pendidikan. Sistem ujian nasional yang berlaku saat ini adalah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bagi sekolah yang telah memiliki fasilitas memadai. Hal ini merupakan salah satu bentuk perbaikan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Perubahan sistem ujian nasional menimbulkan pro-kontra. Matematika merupakan mata pelajaran penting yang harus dikuasai siswa. Namun, masih banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan analisis mengenai kesiapan siswa SMA dalam menghadapi ujian nasional matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA masih belum siap menghadapi ujian nasional matematika jika dilihat dari segi psikis, material dan fisik siswa. Namun demikian, mereka telah melakukan berbagai cara untuk mempersiapkan ujian nasional matematika sehingga mereka mampu mendapatkan hasil yang terbaik.
Kata Kunci: UNBK, Matematika, Kesiapan siswa
Analysis of Readiness Profile of Senior High School to Mathematics National Examination in Temanggung Regency
Abstract
The National Examination (UN) is a form of education’s evaluation in Indonesia that is conducted to determine the achievement of educational goals. The current National Examination System is CBNE (Computer Based National Examination) which is applied in schools that already have adequate facilities. This is one form of improvement made by the government to improve the quality of education in Indonesia. However, the ever-changing National Examination system raises pros and cons. Mathematics is an important subject that must be mastered by students. However, there are still many students who consider mathematics to be difficult. Based on this, it is necessary to do an analysis of the readiness of high school students in facing the National Mathematics Examination. This research is a qualitative study with a case study approach. Data collection is done using questionnaires and interviews. The results showed that high school students were still not ready to face the National Mathematics Examination when viewed in terms of psychological, material and physical students. However, they have done various ways to prepare for the National Mathematics Examination so that they are able to get the best results.
Keywords: CBNE, Mathematics, Student Readiness
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Agustiar, W., & Asmi, Y. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negeri “X” Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi, 8(1), 9-15
Astuti, F. S., & Retnawati, H. (2017). The Effect of National Examination’s Policy on Readiness, Motivation, School Test Score, and National Examination Score. The Online of New Horizon in Education, 7(3), 58-73
BSNP. 2018. Kebijakan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. Jakarta.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. 2008. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Bandung:Pustaka Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Fitria, Linda. 2013. Perbedaan Persiapan Siswa yang Hasil Belajar Tinggi dan rendah dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol 1 No 2 Hlm 95-101. IICE Multikarya KONS dan Ikatan Konselor Indonesia (IKI).
Harjanto. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 69 Tahun 2013.
Kemendikbud. 2015. Permendikbud No 4 Tahun 2015.
Kemendikbud. 2016. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SD/MI dan SMP/MTs (Permendiknas No 22 tahun 2006). Jakarta: BSNP, Depdiknas.
Long, M. C., Iatarola, P., & Conger, D. 2009. Explaining gaps in readiness for college-level math: The role of high school courses. Education, 4(1), 1- 33
Meitasari, A. I. 2016. Evaluasi Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Artikel Ilmiah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Merriam, S. (1998). Qualitative Research and Case Study Applications in Education. Revised and Expanded from: Case Study Research in Education. San Francisco: Jossey-Bass.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014.Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications.
Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya
Mutholi’ah. 2013. Ujian Nasional, Dulu, Kini dan yang Akan Datang: Tinjauan Normatif. Jurnal pendidikan Islam Vol. 7 No 1.
Nugroho, M. B. 2015. Pola Perilaku Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Boyolali). Artikel Ilmiah. Universitas Sebelas Maret.
Retnawati, Heri. dkk. 2017. Implementing the Computer-based National Examination in Indonesian Schools: The Challenges and Strategies. Problem of Education in the 21st Century, 75(6), 612-633
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Sulistyaningsih, E., & Sugiman, S. (2016). The Effect of CBT National Examination Policy in Term of Senior High School Student’ Cognitive Readiness and Anxiety Facing Mathematics Tests in DIY Province. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 198-208
Tonny. 2016. Analisis Persiapan Siswa Menghadapi diterapkan Ujian Nasional berbasis Komputer di SMA N 1 Bergas Kabupaten Semarang. Artikel Ilmiah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
.Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford Publication Inc.
PROFIL SINGKAT
Indra Kusuma Wijayanti, S.Pd. Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Kolombo Karangmalang Yogyakarta 55281. Email: indrakusuma.2018@student.uny.ac.id atau indrakusumawijayanti@gmail.com
Dr. Heri Retnawati, M.Pd. Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Kolombo Karangmalang Yogyakarta 55281. Email: heri_retnawati@uny.ac.id
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indra Kusuma Wijayanti, Heri Retnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: