Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Novi Yana, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Rubhan Masykur, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Fredi Ganda Putra, Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi nilai-nilai KeIslaman terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian kuasi eksperimen dengan posttest-only control design adalah 116 peserta didik kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan  tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji anava satu jalan dengan sel sama. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi pada nilai-nilai KeIslaman daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional.


Keywords


kemampuan komunikasi matematis, nilai-nilai KeIslaman, Process Oriented Guided Inquiry Learning

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. T., Makmuri, M., & Ambarwati, L. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran think talk write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi pythagoras kelas VIII-E SMP Negeri 115 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 76-85.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 1-7.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan soal matematika model pisa pada konten quantity untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63-77.

Farda, H., Zaenuri, Z., & Sugiarto, S. (2017). Effectiveness of POGIL learning model with ethnomathematics nuance assisted by student worksheet toward student mathematical communication skill. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 223-230.

Hanson, D. M. (2006). Instructor's guide to process-oriented guided-inquiry learning. Lisle, IL: Pacific Crest.

Haryati, S. (2018). The effectiveness of the process oriented guided inquiry learning (POGIL) model in educational psychology learning. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(2), 375-388.

Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono, M. (2017). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari karakter kolaborasi dalam pembelajaran project-based learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195-205.

Lestari, N. F., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) melalui pendekatan problem-based learning (PBL). Nabla Dewantara, 4(1), 11-20.

Moog, R. S., Spencer, J. N., & Straumanis, A. R. (2006). Process-oriented guided inquiry learning: POGIL and the POGIL project. Metropolitan Universities, 17(4), 41-52.

Munawar, H. A., Wuryanto, W., & Asikin, M. (2013). Keefektifan pendekatan aptitude treatment interaction terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 18-25.

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP melalui model problem-based learning. Numeracy, 7(1), 137-149.

Ramdani, A., & Sedijani, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Pemahaman Konsep IPA, Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 3 Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 19-27.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.21444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo