Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis
Intan Mahyastuti,
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia Dwiyana Dwiyana,
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia Erry Hidayanto,
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Salah satu kemampuan berpikir yang penting untuk dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir analitis, karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka sendiri. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir analitis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematis melalui pemberian tes pemecahan masalah. Tiga siswa SMP kelas VII diambil secara acak untuk mewakili siswa berkemampuan analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut masih belum dapat memecahkan masalah dengan sempurna. Sehingga tiap-tiap subjek yang dipilih adalah siswa yang dapat mendiskripsikan masing-masing indikator kemampuan berpikir analitis: differentiating, organizing, dan atributing. S1 tidak menunjukkan perbedaan dalam menjawab masalah walaupun telah memecahkan masalah matematika, S2 tidak hati-hati dalam mencari FPB, dan S3 dapat mengorganisir masalah tetapi hanya berpikir sampai jumlah dua angka dibagi menjadi kelas yang sama. Kemampuan berpikir analitis siswa masih kurang.
Keywords
kemampuan kognitif; kemampuan berpikir analitis; pemecahan masalah matematis
Cacciatori, E. (2012). Resolving conflict in problem‐solving: Systems of artefacts in development of new routines. Journal of Management Studies, 49(8), 1559-1585.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika SMP/MTs.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Merlin C. Wittrock and the revision of Bloom's taxonomy. Educational Psychologist, 45(1), 64-65.
Macchi, L., & Bagassi, M. (2012). Intuitive and analytical processes problem solving: A psycho-rhetorical approach to reasoning study. Mind and Society, 11(1), 53-67.
Raiyn, J. (2016). The role of visual learning in improving students' high-order thinking skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115-121.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). The effectiveness of CBL model to improve analytical thinking skills the students of sport science. International Education Studies, 9(4), 195-203.