Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19644Keywords:
kemampuan kognitif, kemampuan berpikir analitis, pemecahan masalah matematisAbstract
Salah satu kemampuan berpikir yang penting untuk dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir analitis, karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka sendiri. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir analitis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematis melalui pemberian tes pemecahan masalah. Tiga siswa SMP kelas VII diambil secara acak untuk mewakili siswa berkemampuan analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut masih belum dapat memecahkan masalah dengan sempurna. Sehingga tiap-tiap subjek yang dipilih adalah siswa yang dapat mendiskripsikan masing-masing indikator kemampuan berpikir analitis: differentiating, organizing, dan atributing. S1 tidak menunjukkan perbedaan dalam menjawab masalah walaupun telah memecahkan masalah matematika, S2 tidak hati-hati dalam mencari FPB, dan S3 dapat mengorganisir masalah tetapi hanya berpikir sampai jumlah dua angka dibagi menjadi kelas yang sama. Kemampuan berpikir analitis siswa masih kurang.References
Cacciatori, E. (2012). Resolving conflict in problem"solving: Systems of artefacts in development of new routines. Journal of Management Studies, 49(8), 1559-1585.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika SMP/MTs.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Merlin C. Wittrock and the revision of Bloom's taxonomy. Educational Psychologist, 45(1), 64-65.
Macchi, L., & Bagassi, M. (2012). Intuitive and analytical processes problem solving: A psycho-rhetorical approach to reasoning study. Mind and Society, 11(1), 53-67.
Raiyn, J. (2016). The role of visual learning in improving students' high-order thinking skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115-121.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). The effectiveness of CBL model to improve analytical thinking skills the students of sport science. International Education Studies, 9(4), 195-203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.