Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Aktivitas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD DenganPenemuan Terbimbing
Yuni Rhamayanti,
Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan Sumatera Utara Medan, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dengan terencana, sistematis untuk memperbaiki/ meningkatkan mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa 31 orang. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah 1) meningkatnya hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing sebesar 0,65 dengan kriteria sedang, 2) Meningkatnya aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing sebesar 0,46 dengan kriteria sedang, 3)meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing sebesar 0,52 dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas, STAD, Penemuan Terbimbing
Improving Mathematics Learning Outcomes and Activities through Cooperative Learning Type STAD with Guided Discovery
Abstract
This study aims to improve the learning outcomes of mathematics and student activities as well as the ability of teachers in managing learning through the application of STAD cooperative learning with guided discovery methods. The type of research is Classroom Action Research, which is a research conducted by teachers with a planned, systematic way to improve / improve the quality of teaching practice in its classroom. The subject of this research is the students of grade VII-2 of State Junior High School 7 Undergraduates of the Year of Education 2017-2018 with 31 students. The conclusions that can be drawn from this research are 1) the increase of learning result of mathematics through the application of STAD type cooperative learning model with guided discovery method of 0.65 with medium criteria, 2) Increasing student learning activity through the application of STAD cooperative learning model with guided discovery method at 0.46 with medium criteria, 3) increased teacher ability in managing STAD type cooperative learning with guided discovery method of 0.52 with medium criteria.
Abdurrahman, Mulyono. (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2012).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik Oemar. (2013).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta :PT. Bumi Aksara Isjoni.(2011).Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok.Bandung: Alfabet NCTM.(2000). Principles and Standards for School Mathematics.USA : NCTM Nurkancana, Wayan. (1986).Evaluasi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya. Sanjaya, Wina.(2011).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana. Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik.Bandung: Nusa Media Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana. Trianto, (2011).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.