Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan berpikir kritis

Prasojo Prasojo, SMPN 2 Tanjung Jabung Timur, Jambi, Indonesia., Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing; (2) menyusun perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya yang layak; (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan KPS dan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang terdiri dari 10 langkah yang diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, tetapi penelitian ini hanya melaksanakan langkah satu sampai dengan tujuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan berpikir kritis; (2) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing telah layak digunakan; (3) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan mampu meningkatkan KPS dan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 2 Tanjug Jabung Timur.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains (KPS), dan berpikir kritis.

 

Developing Guided Inquiry-Based Science Teaching Aids to Improve SPS and Critical Thinking

 

Abstract

This study aimed to: (1) reveal the characteristic of guided inquiry-based of teaching aids; (2) develop guided inquiry-based of teaching aids that appropriate for science instruction; (3) reveal the effectiveness of these teaching aids in improve science process skills (SPS) and critical thinking skills. This study used research and development model developed by Borg and Gall that consist of 10 step, but this research was conducted till 7 steps. The data analysis technique used was the MANOVA. The result of the study were as follows. First, the characteristic of science-teaching aids were guided inquiry-based to improve of science process skills and critical thinking skills. Second, the science-teaching aids were appropriate and valid to improve SPS and critical thinking skills of junior high school students; Third, these science-teaching aids could improve SPS and critical thinking skills of students at grade VII in Junior High School 2 of Tanjung Jabung Timur.

Keywords: science-teaching aids, guided inquiry-based, science process skill (SPS), critical thinking  


Keywords


perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains (KPS), dan berpikir kritis.

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran (Rev.ed). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational Research (4th ed). New York: Longman Inc.

Buxton, E.A. & Provenzo, E.F. Jr. (2011). Teaching science in elementary and middle school: a cognitive and cultural approach (2nd ed). California: SAGE Publications, Inc.

Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. Jr. (2010) Science instruction in the middle and secondary schools (7thed). Boston: Pearson Education, Inc.

Facione, P.A. (2011). Critical thinking: what it is and why it counts. Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press.

Hake, R.R. (2007). Design-based research in physics education: a review. Diunduh pada tanggal 3 Februari 2014 dari http://www.physics.indiana.edu.

Joyce, B. & Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of teaching (8thed.). (Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Martin, R., Sexton C., Franklin T. & Gerlovich J. (2005). Teaching science for all children: inquiry method for contructing understanding (3thed). Boston: Pearson Education, Inc.

McBride, J.W., Bhatti, M.I., Hannan, M., & Feinberg, M. (2004). Using an inquiry approach to teach science to secondary school science teachers. Journal of Physics Education, 39, 434-439.

Mintania, F., Su’aidy, M., & Dasna, I. W. (2013). Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang pada materi pokok koloid. Diunduh pada tanggal 16 oktober 2014 dari http://jurnal-online.um.ac.id.

Sugiyono (2013). Metode penelitian kuantitatif, kulaitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Vieira, R.M., Vieira, C.T., Martins, I.P. (2011). Critical thinking: conceptual clarification and its importance in science education. Science Education International 22(1), 43-54.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo