Perbedaan Ketuntasan Belajar Antara Mahasiswa yang Diberi Remidiasi Mengerjakan Soal dan yang Diberi Remidiasi Mengkaji Pustaka pada Mata Kuliah Elektronika di Jurdik Fisika FMIPA UNY

Jumadi Jumadi, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki (1) ketuntasan mahasiswa dalam penguasaan kompetensi dasar pada perkuliahan tanpa remidiasi, (2) pengaruh pemberian remidiasi melalui tugas mengerjakan soal terhadap ketuntasan penguasaan kompetensi dasar, (3) pengaruh pemberian remidiasi melalui tugas mengkaji pustaka terhadap ketuntasan penguasaan kompetensi dasar, (4) perbedaan ketuntasan belajar antara mahasiswa yang diberi remidiasi mengerjakan soal dan yang diberi remidiasi mengkaji pustaka, dan (5) kesesuaian gaya belajar mahasiswa dengan jenis-jenis tugas dalam remidiasi tersebut. Penelitian dilakukan dengan rancangan eksperimen faktorial. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Elektronika Dasar di Jurusan Pendidikan Fisika semester I 2005/2006. Sedangkan sebagai sampelnya diambil 53 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes dan inventori, dan teknik analisis data menggunakan uji U Mann-Whituey. Hasil penelitian menunjukkan (1) prosentase mahasiswa yang mencapai ketuntasan penguasaan kompetensi dasar pada materi pokok teori rangkaian listrik, diode semi konduktor, dan penyearah dengan tanpa remidiasi berturut-turut sebesar 47%, 38%, dan 9%, (2) pemberian remidiasi melalui tugas mengerjakan soal dapat menuntaskan mahasiswa rata-rata sebanyak 34%, (3) pemberian remidiasi melalui tugas mengkaji pustaka dapat menuntaskan mahasiswa rata-rata sebanyak 51%, (4) tidak ada perbedaan yang signifikan prosentase mahasiswa yang tuntas melalui remidiasi tugas mengerjakan soal dan mengkaji pustaka, (5) untuk mahasiswa dengan gaya belajar tipe analitik-ilmiah dan konsep-kemanusiaan ada perbedaan yang signifikan antara prosentase mahasiswa yang tuntas melalui remidiasi mengerjakan soal dengan melalui remidiasi mengkaji pustaka sedangkan untuk mahasiswa dengan gaya belajar tipe konsep-teoritik, tidak ada perbedaan yang signifikan antara prosentase mahasiswa yang tuntas melalui remidiasi mengerjakan soal dengan melalui remidiasi mengkaji pustaka.

Kata kunci: ketuntasan belajar, remidiasi, mengerjakan soal, mengkaji pustaka


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.12412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo