Sikap, Kecerdasan Emosional dalam Interaksi Sosial di Kelas dan Hasil Belajar Matematika

Rusgianto H.S., Jurdik Matematika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Artikel ini didasarkan pada hasil penelitian dengan tujuan untuk menemukan korelasi antara sikap terhadap matematika, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan survey di SMP Negeri 5 Yogyakarta, dengan banyaknya responden 80 siswa yang diambil secara random klas sampling. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif antara: (A) sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; (b) kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dan prestasi belajar matematika. Tambahan pula terdapat korelasi positif antara sikap terhadap matematika bersama-sama dengan kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan prestasi belajar matematika.

Kata kunci: sikap, kecerdasan emosional, interaksi sosial, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.12406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo