Aktivitas Katalis Ni/H5-NZA dan Mekanismenya Pada Konversi Jelantah Menjadi Senyawa Fraksi Solar dan Bensin

D. Setyawan PH, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Jember, Indonesia

Abstract


Aktivitas katalis Ni/Zeolit dalam reaksi konversi jelantah menjadi senyawa fraksi bahan bakar cair khususnya fraksi solar dan bensin telah dipelajari. Reaksi konversi berlangsung dalam kolom reaktor sistem flow fixed bed yang dioperasikan pada temperatur 450 C selama 30 menit dengan metanol dan butanol sebagai umpan pancingan.
Jenis katalis yang dipelajari adalah Ni-1/H5-NZA, Ni-5/H5-NZA, Ni-10/H5-NZA. Metode preparasi katalis melalui teknik modifikasi zeolit alam yang melibatkan proses dealuminasi melalui perlakuan asam (HF 1%, HCl 6M dan NH4Cl 0,1 M), proses hidrotermal, kalsinasi dengan N2, oksidasi dengan O2 dan pengembanan logam Ni (1%, 5% dan 10%) melalui teknik impregnasi 'semi basah'. Jelantah sebagai umpan (feed stocks) sebelum digunakan dalam proses katalitik diesterkan terlebih dahulu dengan menggunakan natrium metoksida. Metil ester jelantah yang diperoleh kemudian diproses dalam reaktor sistem flow fixed bed dan katalis ditempatkan didalamnya, kemudian uap alkohol (metanol atau butanol) bersama gas nitrogen dialirkan melalui katalis pada temperatur 450 C. Proses katalitik berlangsung selama 30 menit.
Reaksi metil ester jelantah dengan katalis Ni/Zeolit dan alkohol (metanol atau butanol) sebaghai umpan pancingan dalam reaktor sistem flow fixed bad diperoleh senyawa fraksi bahan bakar cair dalam rentang fraksi solar dan bensin. Proses konversi jelantah menjadi senyawa fraksi bahan bakar cair (total fraksi solar dan bensin) diperoleh 50,43%. Sedangkan aktivitas katalis yang paling baik dalam reaksi konversi katalitik metil ester jelantah untuk menghasilkan produk selektif terhadap senyawa fraksi solar adalah katalis Ni-5/H5-NZA dengan umpan pancingan butanol, untuk katalis Ni-10/H5-NZA dengan umpan pancingan butanol dihasilkan produk senyawa fraksi bensin.

Kata kunci: jelantah, katalis, zeolit, fuel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.12216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo